Bareng Chef Risma, 500 Peserta Ini Tahu Cara Membuat Roti Sourdough Sehat dari Ragi Alami dan Tepung Gluten Free

Bareng Chef Risma, 500 Peserta Ini Tahu Cara Membuat Roti Sourdough Sehat dari Ragi Alami dan Tepung Gluten Free

Bersama Chef Risma yang belajar resep roti dan pastry chef belajar sampai ke Paris, sebanyak 500 peserta pun fasih membuat olahan gluten free bread yang tak kalah dengan yang dijual di bakery. --Ladang Lima

Inilah salah satu materi yang diajarkan Chef Risma yakni bagaimana membuat gluten free sourdough. Prosesnya memanfaatkan ragi dan bakteri liar yang terdapat dalam starter sourdough bukan ragi komersial. --Ladang Lima

Tidak hanya tentang tepung, semua bahan di dalam resep dijelaskan dan dipandu dengan tahapan yang jelas agar bisa digunakan senatural mungkin. Tak lupa, Chef Risma menekankan kepada peserta tentang cara mengenali makanan.

Sehingga saat menggunakan bahan pangan yang sedang diolah tidak hanya memperhatikan bahan. Tapi juga tahu dari mana bahan itu berasal sampai bagaimana proses bahan tersebut diolah. Termasuk harus tahu cara menanamnya. Menarik, bukan.

BACA JUGA: Weekend Gabut? Ini Resep Puding Lidah Buaya yang Bisa Anda Praktikkan dan Intip Manfaatnya!

"Itu semua agar apa yang masuk ke tubuh adalah sebaik-baiknya membawa manfaat," katanya. Selain itu, membuka pasar gluten free sebenarnya sangat terkait pelakunya yang harus mempunyai basic knowledge tentang hidup secara natural.

ehingga tercipta olahan gluten free yang tidak sekadar gluten. Tapi tahu menggunakan gula natural, tanpa pengembang pengemulsi, tanpa pewarna sintetik, tanpa artificial flavour, dan tanpa pengawet. Apakah bisa? Bersama Chef Risma, itu bisa.

BACA JUGA: Resep Warisan Nenek jadi Andalan Depot Surabaya

Padahal selama ini ada anggapan panganan yang menggunakan gluten free tidak disukai. "Justru olahan gluten free itu harus tetap dirasakan enak untuk dimakan dan tidak kalah dengan rasa konvensional," tegasnya.

Dari acara itu, dapat dilihat bahwa ternyata pasar produk bebas gluten di Indonesia cukup banyak peminat. Apalagi resep-resep yang diciptakan oleh Chef Risma menggunakan berbagai jenis tepung gluten free lokal yang berkualitas.

Yakni tepung gluten free yang dapat diaplikasikan untuk banyak olahan makanan yang hasilnya hampir setara dengan menggunakan terigu protein rendah. Tepung tersebut berasal dari singkong pilihan hasil dari para petani lokal.

BACA JUGA: Tidak Hanya Sate dan Gulai, Ini 5 Resep Olahan Daging Kurban yang Mainstream

Singkong yang digunakan dirawat dan dibudidayakan secara natural. Tepung berbahan alami ini diolah melewati proses fermentasi sehingga menghasilkan tepung gluten free berkualitas tinggi, kaya serat, dan tanpa bahan pengawet.

Dengan adanya kelas olahan gluten free seperti online baking class bersama Chef Risma, ke depan diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tahu tentang betapa kayanya negeri Indonesia ini. Syukur tergerak mengembangkannya.

Apalagi banyak sekali dan beraneka ragam bahan pangan bebas gluten yang dapat dibuat tepung lalu diolah menjadi olahan jajanan sehat yang menyerupai produk bakery dan pastry konvensional. Anda juga ingin mencobanya? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: