Bareng Chef Risma, 500 Peserta Ini Tahu Cara Membuat Roti Sourdough Sehat dari Ragi Alami dan Tepung Gluten Free

Bareng Chef Risma, 500 Peserta Ini Tahu Cara Membuat Roti Sourdough Sehat dari Ragi Alami dan Tepung Gluten Free

Bersama Chef Risma yang belajar resep roti dan pastry chef belajar sampai ke Paris, sebanyak 500 peserta pun fasih membuat olahan gluten free bread yang tak kalah dengan yang dijual di bakery. --Ladang Lima

SURABAYA, HARIAN DISWAYKelas memasak ternyata bisa dilakukan secara daring lho. Seperti yang digelar oleh Ladang Lima dalam online baking class. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI Indonesia yang ke-79, pada 17-18 Agustus 2024.

Tak tanggung-tanggung, ada 500 peserta sangat antusias menimba pengetahuan memasak bersama Risma Widyastuti BBA. Kelas jarak jauh itu bahkan tidak menghalangi antusias dan semangat untuk menyimak langkah per langkah.

Maklum, mentornya sangat ahli. Yakni perempuan yang dikenal dengan panggilan Chef Rismagood atau Chef Risma -seorang Diploma in Gastronomy, Nutrition, and Food Trends Le Cordon Bleu Paris- itu sangat telaten memaparkan materi.

BACA JUGA: Beny Blanco Selalu Memasak untuk Selena dengan Penuh Cinta

Bahkan, tidak sedikit yang mempraktikkan langsung olahan yang sedang dibuat. Apalagi materinya sangat padat. Pada hari pertama, diajarkan tentang membuat roti gluten free berupa donat, bakpao, gamchi, dan pizza base.
Dalam Online Baking Class, sebanyak 500 peserta sangat antusias menimba pengetahuan memasak bersama Risma Widyastuti BBA. --Ladang Lima

Pada hari kedua, peserta diajak membuat gluten free sourdough. Prosesnya dengan memanfaatkan ragi dan bakteri liar yang terdapat dalam starter sourdough bukan ragi komersial. Padahal jenis roti ini sangat sulit dibuat.

Tapi bersama Chef Risma, semua peserta dimudahkan. Maklum, tidak hanya belajar dari sekolah, Chef Risma mempunyai cara lain untuk menemukan resep-resep gluten free yaitu dengan mencicipi bakery gluten free di berbagai negara.

BACA JUGA: Yummy! Ini Dia Resep Sederhana Pancake Durian ala Rumahan

"Dengan mengetahui rasa, lidah dapat menjadi sebuah acuan untuk menemukan karya," kata Chef Risma dalam acara kelas memasak secara daring dalam tema Cara Membuat Olahan Bebas Gluten untuk Pemula.

Tak hanya itu, berbagai jenis topping, isian, serta glaze donat diajarkan oleh Chef Risma yang belajar resep roti dan pastry chef sampai ke Paris. Peserta pun makin fasih membuat olahan gluten free bread yang tak kalah dengan yang dijual di bakery.

Termasuk cara membuat ragi alami gluten free di rumah. "Hrus selaras dengan hidup sehat. Artinya, ketika manusia menjaga alam, lingkungan, maka bakteri baik cikal bakal sourdough gluten free akan mudah dibuat," papar Chef Risma.

BACA JUGA: 5 Resep Sambal Nusantara yang Pedasnya Nendang dan Bikin Ketagihan, Ada Cara Membuatnya!

Chef Risma mengajarkan semua cara dasarnya dengan seksama. Semua peserta puas karena dia menyertakan banyak teori yang dapat dipelajari. Bahkan dibagikan tip menghasilkan roti sourdough yang tidak menjadi terlalu asam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: