Kisah di Balik Ditetapkannya Hari Musik Nasional 9 Maret: Berawal dari Surabaya Full Music

Kisah di Balik Ditetapkannya Hari Musik Nasional 9 Maret: Berawal dari Surabaya Full Music

Hari Musik Nasional tahun ini digelar selama 24 jam. Yakni pada 8-9 Maret 2024. Bertajuk Parade Indonesia Bermusik. Diikuti oleh para musisi, seniman, pelajar, serta mahasiswa dari berbagai daerah. --M Azizi Yofiansyah

Para seniman musik pun berkali-kali mendesak pemerintah untuk menetapkan Hari Musik Nasional. Hingga Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) no 10 tahun 2013. 

Keppres tersebut menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional. Bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia. Serta membuat para musisi tanah air termotivasi untuk meningkatkan kreasi dan kreativitas, sehingga mampu mengangkat musik Indonesia ke kancah internasional.


Usulan Benny Panjaitan tentang Hari Musik Nasional telah tercapai. Kini Hari Musik Nasional 2024 diperingati secara rutin di Surabaya. Tampak para siswa SMP 22 Surabaya melakukan gladi bersih untuk ajang tersebut. --M Azizi Yofiansyah

Selain berziarah setiap tahun, setelah penetapan tersebut, Heri bersama komunitas seni JatiSwara yang dibinanya menggelar event Hari Musik Nasional secara rutin. Yakni sejak 2022. 

Event pertama bertajuk The Laras Gamelan Merah-Putih. Pada 2023, Musik Membangun Bangsa. Serta pada 8-9 Maret 2024, JatiSwara menggelar Parade Indonesia Bermusik. Yakni pementasan musik selama 24 jam penuh. Bertempat di kompleks Taman Budaya Jawa Timur, Jalan Genteng Kali, Surabaya, melibatkan 30 penampil.

BACA JUGA: Ini Nih Bintang Tamu yang Akan Datang di Festival Musik SOD Surabaya

Bagi Heri, musik memiliki pengaruh kuat terhadap peradaban, juga perjalanan sejarah bangsa. Seperti WR Supratman yang menggelorakan nasionalisme lewat Indonesia Raya dan Di Timur Matahari. Juga seperti musisi Gombloh dengan lagunya Kebyar-kebyar dan Kami Anak Negeri Ini.


Tim Dharma Wanita Dinas Pendidikan Surabaya berlatih kulintang. Mereka sedang melakukan gladi Bersih Hari Musik Nasional 2024 untuk pementasan drama musikal Katarsis Sang Garuda. --M Azizi Yofiansyah

Hari Musik Nasional 2024 akan ditutup dengan drama musikal Katarsis Sang Garuda. Ketua Panitia Tomy Agung Sugito mengatakan, “Event ini juga merupakan upaya untuk membangkitkan rasa cinta tanah air. Serta bagaimana musik dapat berdampak bagi seseorang, masyarakat, bahkan bangsa dan negara,” ujarnya.

Dalam latihan gabungan yang digelar pada Kamis, 7 Maret 2024, para penari dari berbagai usia tampak berlatih di panggung terbuka TBJT. Diiringi lagu-lagu bertema nasionalisme. 

Hari Musik Nasional tahun ini akan diramaikan para tokoh. Di antaranya Indah Kurnia, anggota Komisi XI DPR RI, Evy Afianasari, Kadisbudpar Jatim, Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan RI, serta berbagai musisi dan kelompok musik. 

Beberapa di antaranya: Iroel Maulana, Pritta Kartika, Sekaring Jagad, The Crossover, ITS Band, Caravan Jazz, Bengkel Muda Surabaya, Lanceng Senopati, Keroncong Unesa, Karawitan Santa Maria, SMAK St Louis Surabaya, dan lain-lain. (Heti Palestina Yunani-Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: