Sedih! Marcus Fernaldi Gideon Pensiun dari Bulu Tangkis di Usia 33 Tahun, Ini Pernyataan Lengkapnya

Sedih! Marcus Fernaldi Gideon Pensiun dari Bulu Tangkis di Usia 33 Tahun, Ini Pernyataan Lengkapnya

SEDIH! Marcus Fernaldi Gideon pensiun dari bulu tangkis di usia 33 tahun.-Sadiq Asyraf-AFP

HARIAN DISWAY - Tidak ada lagi The Minions. Tidak ada lagi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di pentas BWF Tour. Marcus sudah mengambil keputusan. Pada Sabtu, 9 Maret 2024, ia undur diri dari dunia bulu tangkis.

Hari pensiun itu bertepatan dengan ulang tahun Marcus yang ke-33. Bintang ganda putra Indonesia itu lahir di Jakarta, 9 Maret 1991.

"Tidak terasa sudah 25 tahun tidak henti-hentinya saya berlatih dan bersaing di lapangan. Saya mengucap syukur kepada Tuhan Yesus yang sudah berkarya dalam hidup saya," tulis Sinyo, sapaan akrabnya, dalam unggahan panjang di Instagram.

"Tanpa-Nya saya tidak mungkin tidak seperti sekarang ini," imbuh Sinyo.


SEDIH! Marcus Fernaldi Gideon pensiun dari bulu tangkis di usia 33 tahun. Foto: Marcus berselebrasi di final Japan Open, 28 Juli 2019. -Charly Triballeau-AFP

BACA JUGA:Kevin Sanjaya Sukamuljo Pilih Rahmat Hidayat Gantikan Marcus Gideon

BACA JUGA:Nasib The Minions di Olimpiade Paris 2024, Herry IP: Lihat Recovery Marcus

Marcus mengenang masa kecilnya. Ketika mulai berlatih bulu tangkis di usia 8 tahun. Ia dipandang sebelah mata karena postur tubuhnya yang tidak tinggi. Jika dibandingkan teman-teman sebayanya.

"Semasa kecil, bahkan guru saya menganggap saya madesu, atau masa depan suram," tulis Marcus. "Bahkan prestasi saya boleh dikatakan biasa saja, dibandingkan dengan kawan-kawan yang lain," lanjutnya.

Ia kemudian mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang pernah mendukungnya. Ia sebut almarhum Markis Kido, yang berpasangan dengannya pada 2012-2014. Juga Kevin, yang dipasangkan dengannya sejak 2015.

BACA JUGA:Marcus Fernaldi Gideon Cedera, Minions Mundur dari Indonesia Open 2023

Bersama kedua pemain itu, ia sudah meraih begitu banyak gelar. Mulai dari Super Series dan BWF Tour. Hingga mewakili negara di SEA Games, Asian Games, dan Piala Thomas.


SEDIH! Marcus Fernaldi Gideon pensiun dari bulu tangkis di usia 33 tahun. Foto: Marcus dan Kevin Sanjaya Sukamuljo di Malaysia Masters 20 Januari 2019.-Sadiq Asyraf-AFP

Ia dan Kevin sempat penasaran dengan gelar juara dunia dan medali emas Olimpiade. Namun, Marcus dengan legawa mengakhiri karier tanpa kedua gelar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: