Akhirnya! Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Surabaya Tuntas, Ditunggu KPU Jatim Minggu Pukul 9

Akhirnya! Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Surabaya Tuntas, Ditunggu KPU Jatim Minggu Pukul 9

Kepala KPU Surabaya Nur Syamsi usia rapat pleno rekapitulasi Pemilu 2024-Wulan Yanuarwati -HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Hasil rekapitulasi penghitungan suara pada Pemilu 2024 di Surabaya akhirnya tuntas pada, Sabtu malam, 9 Maret 2024.

Sedangkan hasil akhir rekapitulasi 31 kecamatan se-Kota Surabaya selesai Minggu, 10 Maret 2024 pukul 01.30 WIB. "Rapat pleno terbuka dinyatakan selesai," ujar Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi, menutup proses panjang itu.

Rekapitulasi KPU Surabaya sudah dimulai sejak Rabu, 28 Februari 2024. KPU Kota Surabaya mentargetkan rekapitulasi selesai pada Selasa, 5 Maret 2024. Namun, meleset dari target.

BACA JUGA:Hasil Rekapitulasi KPU Surabaya, Prabowo-Gibran Menang Telak di Surabaya

Lalu, target baru muncul. KPU Surabaya kembali mentargetkan selesai pada Kamis, 7 Maret 2024. Nah, meleset lagi. Situasi itu membuat rekapitulasi KPU Jawa Timur ikut molor. Parah.


Kondisi ruang rekapitulasi KPU Surabaya belum juga dimulai. Terlihat saksi lelah dan ketiduran.-Wulan Yanuarwati -HARIAN DISWAY

Pelbagai alasan molornya rekapitulasi KPU Surabaya ialah karena banyaknya kecamatan di Kota Surabaya. Jumlah sebanyak 31 kecamatan.

Kemudian, faktor cuaca. Beberapa kecamatan melakukan penghitungan suara di luar gedung dan memakai tenda. Sehingga saat cuaca hujan, mereka kesulitan. Kadang menunggu hujan reda. Kadang harus dipindah ke dalam ruangan. Dan butuh waktu lama.

BACA JUGA:Hanya Rekapitulasi KPU Kota Surabaya Belum Kelar di Jawa Timur, Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Parah! Rekapitulasi KPU Surabaya Molor, Saksi Sampai Ketiduran di Meja

Faktor lainnya ialah karena adanya penghitungan suara ulang di Surabaya. Hal itu juga membutuhkan tambahan waktu serta tenaga KPPS. 

Selanjutnya, hasil rekapitulasi akan dikirimkan ke KPU Jawa Timur. Hasil rekapitulasi KPU Surabaya sudah ditunggu sejak lama. Hasil itu diharapkan sudah diterima KPU Jatim pagi ini.


Proses rekapitulasi KPU Surabaya Masih berlangsung Minggu dini hari, 10 Maret 2024. Paslon Prabowo-Gibran menang telak.-Wulan Yanuarwati -HARIAN DISWAY

"Kami dijadwalkan (kirim rekapitulasi ke KPU Jatim) pukul 9 pagi tanggal 10 Maret," ujar Nur Syamsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: