Mengisi Malam Pertama Ramadan dengan Cara Indah seperti Anjuran Rasulullah: Membaca Surat Al Fath

Mengisi Malam Pertama Ramadan dengan Cara Indah seperti Anjuran Rasulullah: Membaca Surat Al Fath

Membaca Surat Al Fath pada malam pertama bulan Ramadan menjadi salah satu cara paling indah untuk membuka bulan puasa. --Pinterest: Unsplash

HARIAN DISWAY - Memasuki bulan suci Ramadan menjadi momentum bagi umat Islam di penjuru dunia untuk semakin mendekatkan diri pada Allah SWT.

Selain puasa selama satu bulan penuh yang wajib hukumnya, umat Islam biasanya juga melakukan serangkaian amalan sunnah untuk menyempurnakan ibadahnya. Salah satunya dengan membaca Surat Al Fath pada malam pertama bulan Ramadan.

Ketika Allah memandang hamba-hambanya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Malam yang disebut dengan malam nadzroh. 

Pada malam itu, anjuran untuk membaca Surat Al Fath sebaiknya dilakukan saat salat sunnah ba’da Isya. Namun, jika tidak bisa, maka Anda cukup membaca Surat Al Fath di luar salat. 

BACA JUGA: Jelang Ramadan, PBNU Instruksikan Nahdliyyin Doakan Rakyat Palestina

Anjuran ini disampaikan oleh ustazah Halimah Alaydrus. Beliau juga menyampaikan bahwa amalan ini juga dilakukan oleh Rasulullah SAW untuk membuka bulan Ramadan pada malam pertama. 

Arti dari Surat Al Fath adalah kemenangan. Namun, jika Anda membaca keseluruhan arti dari Surat Al Fath, maka Anda dapat menemukan makna yang terkandung didalamnya. 

Jika Anda membaca Surat Al Fath, maka seluruh harta benda, keluarga, dan apa pun yang Anda miliki dapat terhindar dari segala kerusakan. Selain itu, senantiasa terjaga dari berbagai penyakit, dan diberkahi rezeki yang lapang oleh Allah SWT. 

BACA JUGA: 5 Tradisi Unik Sambut Ramadan di Berbagai Negara

Puasa Ramadan yang dilaksanakan mulai 12 Maret 2024 menjadi momentum bagi Anda dan umat Islam lainnya untuk memperbanyak ibadah dan mempertebal keimanan.

Membaca Surat Al Fath di malam pertama bulan Ramadan ini dapat menjadi amalan paling indah untuk mengawali bulan suci Ramadan Anda di tahun 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber