7 Makanan Indonesia Ini selalu Muncul sebagai Kuliner Khas ketika Ramadan Tiba, Apa Saja?

7 Makanan Indonesia Ini selalu Muncul sebagai Kuliner Khas ketika Ramadan Tiba, Apa Saja?

Ketan bintul dari Serang ini jadi salah satu tujuh makanan khas di Indonesia yang biasanya baru muncul saat bulan puasa tiba. --Kuliner Kota

Dikisahkan bahwa ketan bintul menjadi salah satu hidangan favorit Sultan Banten pada masa lampau. Beliau kerap menikmati sajian ini saat waktu berbuka tiba, menambah nuansa kenikmatan dalam beribadah di bulan suci Ramadan.

BACA JUGA: MUI Haramkan Beli Kurma Asal Israel, Ini Daftar Merek Kurma Israel dan Cara Mengenalinya di Pasaran

4. Mi Glosor dari Bogor


Ada tujuh makanan khas Ramadan di Indonesia salah satunya mi glosor dari Bogor yang lezat ini. --
Salah satu menu berbuka puasa yang menjadi favorit di Bogor adalah mi glosor. Selama bulan Ramadan, para penjual mi glosor pun menjamur di berbagai tempat. Mulai dari pinggir jalan hingga pasar takjil.

Nama glosor sendiri diambil dari tekstur mi utamanya yang sangat licin, membuatnya sangat mudah untuk ditelan. Kelembutan teksturnya ini diperoleh karena mi ini tidak menggunakan tepung terigu seperti mi pada umumnya, melainkan tepung singkong atau tepung aci.

Inilah yang memberikan ciri khas tersendiri pada mi glosor, membuatnya disukai oleh banyak orang saat berbuka puasa di bulan Ramadan.

BACA JUGA: Belum Kenal dengan Tempe Mendol Khas Jawa Timur? Bisa Jadi Lauk dan Camilan Lho!

5. Bongko Kopyor dari Gresik 


Ada tujuh makanan khas Ramadan di Indonesia yang bisa dicicipi salah satunya bongko kopyor dari Gresik. --
Di Gresik, Jawa Timur, salah satu takjil yang sangat digemari adalah bongko kopyor. Makanan lezat ini terdiri dari bubur mutiara, potongan nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan santan yang diolah bersama.

Semua bahan tersebut kemudian dibungkus dengan cermat menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang. Anda dapat dengan mudah menemukan bongko kopyor di pinggir jalan, terutama saat bulan Ramadan tiba.

Rasanya yang segar dan manis menjadikannya pilihan favorit bagi masyarakat setempat untuk berbuka puasa.

BACA JUGA: Rekomendasi Buat Para Foodies, Silakan Mencoba 10 Kuliner Tradisional Legendaris di Pasar Atom Surabaya

6. Kue Asida dari Maluku


Ada tujuh makanan khas Ramadan di Indonesia yang sangat menarik salah satunya kue asida dari Maluku. --IG @rinka_loumitha

Kue asida berasal dari Arab. Tapi dikenal masuk ke wilayah Indonesia bagian timur saat penyebaran agama Islam. Saat ini, di Maluku, kue ini mulai populer dan sering dijadikan takjil selama Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: