7 Makanan Indonesia Ini selalu Muncul sebagai Kuliner Khas ketika Ramadan Tiba, Apa Saja?

7 Makanan Indonesia Ini selalu Muncul sebagai Kuliner Khas ketika Ramadan Tiba, Apa Saja?

Ketan bintul dari Serang ini jadi salah satu tujuh makanan khas di Indonesia yang biasanya baru muncul saat bulan puasa tiba. --Kuliner Kota

HARIAN DISWAY - Di bulan Ramadan, tak hanya spirit ibadah yang menggema. Tapi juga kehadiran kuliner khas yang selalu dinanti. Di samping kolak yang selalu menjadi favorit, berbagai daerah di Indonesia juga menghadirkan sajian-sajian spesial yang hanya muncul saat Ramadan tiba.

Indonesia memiliki beragam kuliner khas yang tersaji di momen-momen tertentu. Salah satunya ketika memasuki bulan Ramadan, ketan bintul menjadi takjil untuk berbuka puasa di Serang, Banten. Selain ketan bintul ada beberapa makanan khas lainnya, sebagai berikut.

BACA JUGA: 7 Makanan yang Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama untuk Sahur di Bulan Ramadan

1. Bubur Kanji Rumbi dari Aceh


Bubur kanji rumbi dari Aceh ini sering kali menjadi hidangan takjil yang sangat dicari di masjid-masjid setempat. --
Bubur kanji rumbi dari Aceh sering kali menjadi hidangan takjil yang sangat dicari di masjid-masjid setempat. Biasanya, bubur ini disajikan secara cuma-cuma untuk warga setempat. Namun, bagi yang ingin menikmatinya di tempat lain, bubur ini juga tersedia di kampung kuliner Ramadan.

Warna coklat khas dan aroma rempah yang kuat adalah ciri khas dari bubur kanji rumbi ini. Resepnya masih sangat dipengaruhi oleh cita rasa masakan India, memberikan sentuhan unik dan khas pada setiap suapannya.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Hidup Lebih Sehat, Ada Kok Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Dicoba

2. Barongko dari Makassar


Ada banyak makanan khas Ramadan di Indonesia yang bisa diburu salah satunya barongko dari Makassar ini yang menarik karena dibungkus daun. --
Barongko merupakan hidangan khas dari Suku Bugis di Makassar, merupakan makanan yang sangat diunggulkan sebagai pilihan takjil yang lezat. Makanan ini memiliki kombinasi cita rasa manis dan gurih yang menggoda lidah.

Proses pembuatan barongko melibatkan pencampuran beberapa bahan utama, seperti pisang, telur, santan, gula pasir, dan garam. Semua bahan tersebut diolah hingga halus, kemudian dicampur semua menjadi satu dan dibungkus dengan daun pisang sebelum dikukus.

BACA JUGA: Segar dan Menyehatkan, Buah-buahan Ini Cocok Dikonsumsi saat Bulan Puasa

3. Ketan Bintul dari Serang


Ada tujuh makanan khas Ramadan di Indonesia yang bisa dicoba salah satunya ketan bintul dari Serang. --
Di Serang, Banten, ketan bintul menjadi primadona takjil yang diburu masyarakat saat bulan Ramadan tiba. Kelezatan menu ini diyakini sudah terkenal sejak zaman dahulu, bahkan sejak abad ke-16.

Ketan bintul dibuat dari bahan dasar ketan yang kemudian disajikan dengan taburan serundeng, yaitu kelapa parut yang dipanggang bersama rempah-rempah yang khas. Tak hanya itu, sebagai pelengkap, ketan bintul biasanya disajikan bersama kuah semur daging dan empal daging sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: