Ajarkan Berpuasa Sejak Usia Dini pada Anak, Yuk Intip Parenting Ala Zaskia Adya Mecca

Ajarkan Berpuasa Sejak Usia Dini pada Anak, Yuk Intip Parenting Ala Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca punya cara tersendiri dalam mengenalkan puasa kepada anak-anaknya. --IG Zaskia Adya Mecca

HARIAN DISWAY- Melaksanakan ibadah puasa merupakan hal wajib yang dilakukan oleh seluruh umat muslim. Terlebih pahala yang diberikan dalam bulan ramadhan bisa berlipat ganda dibandingkan hari-hari lainnya. 

Begitupun dengan syarat wajib untuk melakukan ibadah puasa salah satunya dengan memasuki masa baligh atau fase pubertas. Namun, orang tua pun boleh untuk mengajarkan dan memperkenalkan tata cara beribadah puasa sejak anak masih di usia kecil, lho. 

Berbagai metode bisa Anda gunakan untuk mengajarkan cara berpuasa kepada anak. Seperti halnya, aktris Zaskia Adya Mecca yang telah memperkenalkan ibadah puasa kepada anak-anaknya.

Kia memperkenalkan ibadah puasa dengan cara tidak memaksakan anak-anaknya yang belum memasuki masa usia baligh untuk berpuasa sesuai kemampuannya dan tidak ingin memperkenalkan puasa menjadi suatu beban.

BACA JUGA: Berbuka Puasa Nikmat dengan Suasana Sunset dan Malam Surabaya dalam Gema Ramadan

“Untuk anak-anak yang belum baligh, biarkan mereka berpuasa sesuai kemampuannya. Aku dan Mas Hanung juga tidak mau menerapkan sistem reward kepada anak-anak karena puasa itu memiliki makna yang lebih dari sekadar hadiah,” tutur Zaskia. 

Sebagai orang tua, Zaskia ingin anak-anak mengenal ibadah berpuasa bukan hanya sekadar kewajiban tapi juga tanggung jawab. Zaskia juga menjelaskan, anak-anaknya mulai belajar memahami bahwa berpuasa mempunyai makna lebih.

Seperti halnya sang anak yang berusia 5 tahun, di sela keadaan lapar menunggu waktu berbuka Zaskia memahami kemampuan anaknya dengan menyarankan untuk menyegerakan membatalkan puasa.

Tapi tanpa disangka sang anak justru bisa memahami bahwa puasa bukan hanya sekadar menahan lapar tapi juga membantu pencernaan untuk jadi lebih sehat dengan beristirahat.


Zaskia Adya Mecca dan suaminya Hanung Bramantyo yang selalu kompak dan sabar dalam ajarkan puasa pada anak-anaknya. --IG Zaskia Adya Mecca

Begitu pun dengan anak Zaskia yang telah memasuki usia baligh, sang anak mulai memahami bahwa puasa itu adalah sebuah tanggung jawab besar kepada Allah, sehingga puasa yang tertunda wajib hukumnya untuk diganti di kemudian hari.

BACA JUGA: 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Anak Muda di Bulan Ramadan

Banyak cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan ibadah puasa kepada anak. Sebab, pentingnya mengajarkan puasa sejak dini agar anak terbiasa dalam memahami nilai keagamaan, kedisiplinan, hingga cara mengontrol diri. 

Jadi, bagaimana cara Anda kenalkan puasa pada anak? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: