Visualisasi Jalan Salib Jumat Agung Gereja Katedral Surabaya Ingatkan Manusia Berkorban bagi Sesama

Visualisasi Jalan Salib Jumat Agung Gereja Katedral Surabaya Ingatkan Manusia Berkorban bagi Sesama

Visualisasi jalan salib pada saat Jumat Agung ini memaparkan rentetan kisah pengorbanan Yesus. Bagaimana ia difitnah, dikhianati, disiksa, dan dibunuh. -Moch Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Seluruh umat diajak untuk semakin mencintai Salib Yesus Kristus menjadi jalan keselamatan bagi dunia. Di dalam ibadat Jumat Agung ini dibacakan kisah sengsara Tuhan Yesus.

Selain itu terdapat prosesi penghormatan Salib. Salib diarak dari pintu gereja menuju depan altar. Di dalam keheningan prosesi ini, umat diajak untuk menghormati salib sebagai lambang penderitaan tetapi juga kemenangan. 

Sebelumnya, seluruh umat Katolik menjalankan serangkaian kegiatan rohani dan solidaritas selama 40 hari sebelum Paskah. Biasa disebut dengan masa pra-Paskah.

BACA JUGA: Misa Minggu Palma, Umat Katolik Awali Pekan Suci Menjelang Paskah

Pada masa ini, seluruh umat Katolik memasuki masa pertobatan dan pembaharuan, baik secara pribadi maupun secara bersama. "Caranya dengan berbagai macam kegiatan yang bersifat rohani maupun sosial," imbuhnya. 

Sementara itu, ia menyebut pada perayaan Hari Raya Paskah tahun ini, kapasitas Gereja Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya disiapkan mampu menampung kurang lebih 4 ribu orang.

Pengamanan gereja dilakukan pihak kemanan gereja dan panitia paskah bersama dengan Polsek Tegalsari dan Koramil, serta Banser, Pramuka, dan ormas lainnya. 

"Semoga paskah dapat menjadi kesempatan untuk semakin mempererat persatuan dan kerukunan serta perdamaian sebagai warga negara Indonesia," jelasnya. (Wulan Yanuarwati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: