Memperingati Hari Film Nasional, Ini 5 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia

Memperingati Hari Film Nasional, Ini 5 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia

Sejarah Hari Film Nasional 30 Maret dan 5 film pertama yang diproduksi di Indonesia. --ilustrasi


Sejarah Hari Film Nasional 30 Maret dan 5 film pertama yang diproduksi di Indonesia, Eulis Atjih (1927). --indonesiafilmcenter

Setelah satu tahun berlalu, Indonesia kembali menghadirkan film kedua dalam sejarahnya dengan judul Eulis Atjih. Di bawah sutradara yang sama, film ini juga disajikan tanpa penggunaan suara.

Cerita Eulis Atjih menggambarkan kisah seorang istri yang setia, namun harus menghadapi kesulitan hidup bersama anak-anaknya setelah ditinggalkan oleh suaminya yang pergi bersama perempuan lain. Plot tragedi yang memang saat itu sedang disukai.

BACA JUGA:Tayang Hari Ini, Simak Sinopsis Film Kuyang Sekutu Iblis yang Mengintai sebelum Menonton di Bioskop

3. Lily Van Java (1928)


Sejarah Hari Film Nasional 30 Maret dan 5 film pertama yang diproduksi di Indonesia, Lily Van Java (1928). --indonesiafilmcenter

Perjalanan sinema Indonesia terus berkembang dengan rilisnya film Lily Van Java pada tahun 1928. Film ini menandai kehadiran sutradara asal AS, Len H Roos, yang berbeda dari dua film sebelumnya.

Namun, sebelum produksi selesai, Roos kembali ke AS. Sehingga tanggung jawab penyutradaraan dilanjutkan oleh dua sineas Indonesia, Nelson Wong dan David Wong. Cerita film ini mengisahkan tentang perjodohan seorang gadis yang memiliki pilihan hidupnya sendiri.

BACA JUGA:Semakin Bersinar di Usia ke-37! Sederetan Film Romansa yang Dibintangi Reza Rahadian Ini Layak Anda Tonton

4. Resia Boroboedoer (1928)


Sejarah Hari Film Nasional 30 Maret dan 5 film pertama yang diproduksi di Indonesia, Resia Boroboedoer (1928). --Wikipedia

Pada tahun yang sama dengan peluncuran Lily Van Java, sinema Indonesia menyambut film keempat dalam sejarahnya, yakni Resia Boroboedoer. Diproduksi oleh Nancing Film Co, film ini mengangkat cerita tentang sebuah ikon budaya terkenal di Magelang, yaitu Candi Borobudur.

Kisahnya melibatkan sebuah buku rahasia yang mengungkapkan adanya harta karun di dalam candi tersebut. Termasuk guci yang diyakini berisi abu dari Sang Buddha Gautama.

BACA JUGA:5 Film Ini Tayang Sepanjang Maret 2024, Daftar Nomor 4 Ada Kartolo Numpak Terang Bulan!

5. Setangan Berloemoer Darah (1928)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber