Ski Lot, Olahraga Tradisional Warga Tambaklekok yang Berawal dari Tradisi Nelayan Pasuruan saat Mencari Kerang

Ski Lot, Olahraga Tradisional Warga Tambaklekok yang Berawal dari Tradisi Nelayan Pasuruan saat Mencari Kerang

Tiga peserta balapan ski lot di Desa Tambaklekok yang siap-siap berlomba untuk mencapai garis finish. Sementara penonton bersorak menyemangati. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Desa Tambaklekok cuma kawasan kecil di pinggir pantai PASURUAN. Namun, di sana ada tradisi yang jadi magnet berkumpulnya warga setiap tahun. Yakni ski lot. Olahraga berlari di atas lumpur sambil membawa papan. Seperti yang terlihat pada Rabu, 18 April 2024.

Letaknya sekitar 45 kilometer dari Surabaya. Berada di kawasan pemukiman nelayan di tepi Selat Madura. Desa dengan rumah-rumah berjejal yang cukup padat dengan gang-gang sempit yang mungkin hanya cukup untuk satu mobil. 

Jika berpapasan dari arah berlawanan, salah satu mobil harus mengalah. Bisa mundur atau mencari rumah dengan halaman yang cukup lapang untuk menepi sejenak. Begitulah kondisi di Desa Tambaklekok.

BACA JUGA: Tradisi Mudik Gairahkan Dinamika Ekonomi Masyarakat

Pada 18 April, suasana desa tersebut cukup ramai. Spanduk, umbul-umbul dan bendera dari berbagai sponsor menghiasi sejak gapura masuk. Orang berbondong-bondong berjalan kaki menuju arah barat. Ada pula yang menggunakan mobil atau sepeda motor.

Acara yang mengundang kerumunan warga itu adalah ski lot. Sebuah olahraga tradisional Tambaklekok yang lestari selama bertahun-tahun dan turun-temurun dipertandingkan.

"Sudah rutin dilombakan sejak lama. Biasanya H+5 atau seminggu setelah Lebaran. Enggak jauh-jauh setelah Lebaran pokoknya," ujar Abdurrahman, ketua RT 2, RW 10, Desa Tambaklekok.

BACA JUGA: Ambyar! Musik dan Dagelan Cak Suro Hangatkan Balai Pemuda

Ratusan masyarakat berkumpul di tanah lapang yang ada di bagian barat desa. Di situlah terdapat arena untuk bermain ski lot. Jika tidak digunakan untuk bertanding, arena itu difungsikan sebagai tambak.


Seorang peserta mengambil papan ski ski lot. Inilah olahraga tradisional yang diawali dari kebiasaan para pencari kerang. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

Arena ski lot dibagi menjadi tiga bagian yang dibatasi dengan tali dan pancang-pancang kayu. Per tahapan pertandingan diikuti oleh tiga peserta. Papan ski lot bentuknya seperti papan selancar kecil. Namun, di bagian tengah terdapat pegangan di kanan-kiri.

Peserta akan berlari sambil memegang papan hingga sampai ke garis finish. Dalam ajang itu hadir Pj Bupati Pasuruan Dr Andriyanto. Ia mengikuti beberapa pertandingan dan turut larut dalam kemeriahan acara itu.

BACA JUGA: 5 Tradisi Unik Sambut Ramadan di Berbagai Negara


Cara memainkan papan ski lot dengan memegang sisi kiri dan kanan untuk digunakan berlari di atas lumpur. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: