Abu Vulkanik Gunung Ruang Bergerak ke Arah Barat, BMKG Imbau Otoritas Penerbangan Untuk Waspada

Abu Vulkanik Gunung Ruang Bergerak ke Arah Barat, BMKG Imbau Otoritas Penerbangan Untuk Waspada

Sebaran awan vulkanik Gunung Ruang terdeteksi bergerak ke arah barat--BMKG

HARIAN DISWAY - Badan Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa sebaran abu vulkanik Gunung Api Ruang di Sulawesi Utara saat ini bergerak ke arah barat. 

BMKG meminta seluruh stakeholder penerbangan untuk waspada.

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto menyebutkan Volcanic Ash (VA) dapat merusak komponen pesawat seperti badan pesawat, baling-baling pesawat turboprop, hingga mesin jet pesawat turbofan.


Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM) meningkatkan aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas). -tangkapan layar facebook@Riska Amelia-

Informasi mengenai dampak abu vulkanik sendiri telah dikeluarkan oleh beberapa lembaga seperti Meteorological Watch Office (MWO) Ujung pandang dan Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi.

Bandara Sam Ratulangi juga hingga hari ini masih menutup operasional penerbangan akibat material vulkanik yang masih beterbangan.

BACA JUGA:Masih Terdampak Letusan Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Manado Perpanjang Masa Penutupan

BACA JUGA:Terdampak Abu Vulkanik Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Sebelumnya, BMKG melalui Meteorological Watch Office (MWO) telah menerbitkan SIGMET VA sebanyak 18 kali. Sedangkan Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi telah menerbitkan Aerodrome Warning VA pada 18  April 2024 01.00 UTC (09.00 WITA).

Selain itu, pengamatan Volcanic Ash Advisory Centre (VAAC) Darwin melalui citra satelit menunjukkan prediksi dampak abu vulkanik pada ruang udara di sekitar Gunung Ruang. 

Ruang udara terdampak meliputi provinsi Sulawesi utara, Sulawesi Tengah bagian utara, Maluku UtaraGorontalo, serta sebagian dari Pulau Kalimantan.

BACA JUGA:PVMBG: Letusan Gunung Ruang Punya Potensi Picu Tsunami

Disamping itu, Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) terbitan ketiga yang dirilis pada 17 April 2024 malam, mencatat tinggi letusan abu vulkanik Gunung Ruang mencapai angka 3.725 Mdpl dengan status oranye. 

Hal tersebut menunjukkan aktivitas gunung yang meningkat dengan potensi tingkat letusan tinggi kolom di bawah 6.000 MDPL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg