Susul Apple, Bos Microsoft Akan Berinvestasi Rp 14 T

Susul Apple, Bos Microsoft Akan Berinvestasi Rp 14 T

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi.-Biro Humas Kementerian Kominfo -

HARIAN DISWAY - Chief Executive Officer (CEO) perusahaan teknologi Microsoft Satya Nadella, dikabarkan akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. Tepatnya pada Selasa, 30 April 2024. 

Bos Microsoft dijadwalkan menghadiri acara Microsoft Build: AI Day Jakarta sebagai narasumber. Kabar gembira itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Menkominfo Budi mengatakan, kedatangan Nadella ke Indonesia tidak semata-mata mengisi acara tersebut. Melainkan akan membahas penanaman investasi sudah disiapkan oleh Microsoft.

BACA JUGA:Microsoft Investasikan Miliaran USD pada Perusahaan AI di UEA

Tidak tanggung-tanggung. Menurut Budi, Investasi yang akan digelontorkan Microsoft untuk ditanam di tanah air bukan jumlah yang sedikit. Yakni senilai Rp 14 Triliun.

"Lebih, gede (investasinya). Tapi, jangan saya yang ngomong. Dia (Microsoft) yang ngomong. Jangan dari saya, segitu lah (investasinya)," ucap Budi di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat sore, 19 April 2024.

Sebagai informasi, Presiden Indonesia Joko Widodo baru saja menerima kunjungan CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu, 17 April 2024. Dalam pertemuan itu, terungkap bahwa Apple berinvestasi Rp 1,6 triliun di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. Jenis investasi Apple merupakan pengembangan pendidikan melalui empat Apple Developer Academy. Yakni berlokasi di Surabaya, Bali, Tangerang, dan Batam. 

BACA JUGA:Apple Rencanakan Investasi di Indonesia, Bangun Apple Developer Academy dan Pusat Pengembangan SDM

Artinya, investasi yang dikucurkan Microsoft untuk Indonesia jauh lebih besar dibanding Apple. Bahkan delapan kali lipat dari nilai investasi produsen iPhone itu. Menurut Menkominfo Budi, investasi jumbo dari Microsoft bentuknya beragam. 

Misalnya pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai talenta digital. Lalu ada juga pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Indonesia.

"Kami bakal membicarakan bagaimana transfer technology and knowledge buat transformasi digital Indonesia. Melanjutkan yang sudah kemarin kami bicarakan," ucap politikus PDIP itu.

BACA JUGA:Berkunjung di Indonesia, Bos Apple Tim Cook Diminta 3 Hal Ini dari Presiden Jokowi

Sebelumnya, Microsoft Indonesia dan Kementerian Kominfo telah melakukan pembahasan awal terkait rencana investasi Microsoft untuk Indonesia. Nota kesepahaman (MoU) antara Kominfo dan Microsoft pun sudah ditandatangani di Jakarta pada 14 Maret 2024. 

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: