Setelah 12 Tahun Tak Diganti, Begini Batik Jamaah Haji yang Baru

Setelah 12 Tahun Tak Diganti, Begini Batik Jamaah Haji yang Baru

Batik baru jamaah haji Indonesia yang diperagakan oleh model di Halaman Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Minggu, 28 April 2024.-Humas Kemenag RI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kabar gembira bagi 241 ribu calon jamaah haji di seluruh Indonesia. Sebab pada penyelenggaraan haji tahun ini, mereka akan mengenakkan seragam batik baru.

Peragaan batik bermotif sekar arum dengan warna dominan ungu itu juga sudah dilakukan Kementerian Agama di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Minggu, 28 April 2024. Bersamaan dengan peluncuran gerakan Senam Haji Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Ali Ramdhani mengatakan, seragam batik baru ini menjadi terobosan setelah 12 tahun batik jamaah tidak diganti. Adapun motif batik ini diputuskan melalui Sayembara Desain Batik Haji pada 2023.

Menariknya, pada seragam batik jamaah haji yang baru, terdapat motif garuda berwarna putih. "Kami harap seragam batik ini lebih mencerminkan identitas Indonesia dan mudah dikenali oleh jemaah dari berbagai negara di dunia," ujar Ali. 

BACA JUGA:75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Terbit, Sisanya Masih Diproses

Dalam pengadaan batik haji, Kementerian Agama menggandeng UMKM di berbagai daerah. Hal itu dikatakan oleh Dirjen PHU Hilman Latief.

"Diperkirakan per jamaah membutuhkan 3 meter kain untuk satu batik. Jadi sekitar 700 KM banyaknya jika dibentangkan. Kita melibatkan banyak UMKM untuk membuatnya," kata Hilman. 


Batik baru jamaah haji Indonesia yang diperagakan oleh model di Halaman Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Minggu, 28 April 2024.-Tangkapan layar YouTube Kemenag RI-

Dikatakan Hilman, batik baru ini terinspirasi dari kombinasi berbagai motif. Seperti melati putih, motif kawung, motif truntum, motif songket dan tenun, serta burung garuda. 

Motif-motif tersebut mengambil filosofi puspa nasional Indonesia. Digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati. 

BACA JUGA:Tanpa Visa Haji Tak akan Bisa Berhaji, Kemenag: Masyarakat Jangan Tertipu

Sebagaimana diketahui, pemberangkatan jamaah haji di Indonesia dibagi menjadi dua gelombang. Jamaah haji gelombang pertama dijadwalkan mulai masuk asrama haji pada 11 Mei 2024.


Kemenag launching seragam batik haji 2024 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur-disway.id/Sabrina Hutajulu-

Mereka kemudian akan terbang menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada 12 - 23 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: