Shin Tae-Yong Optimistis Jelang Semifinal Piala Asia U-23 Lawan Uzbekistan: Feeling Saya Bagus

Shin Tae-Yong Optimistis Jelang Semifinal Piala Asia U-23 Lawan Uzbekistan: Feeling Saya Bagus

Shin Tae-yong beberkan kekuatan lawan jelang Timnas U-23 vs Uzbekistan serta singgung ambisi ke Olimpade Paris 2024.-pssi-

HARIAN DISWAY - Tanggapan optimis dilontarkan Shin Tae-yong menjelang pertandingan semifinal Piala Asia U-23 kontra Uzbekistan. Garuda Muda akan berhadapan dengan tim kuat Uzbekistan untuk memerebutkan satu tiket ke partai puncak.

Pertandingan Indonesia vs Uzbekistan akan digelar pada Senin, 29 April2 2024 pukul 21.00 WIB. Uzbekistan bukanlah lawan yang bisa dianggap remeh.

Tim berjuluk Serigala Putih itu merupakan jawara Piala Asia U-23 pada 2018 silam. Bahkan di babak perempat final pekan lalu, mereka bisa memulangkan sang juara bertahan, Arab Saudi, dengan skor meyakinkan 2-0.

BACA JUGA:Ramaikan Lur! Nobar Timnas di Balai Kota Surabaya Dihadiri Bruno Moreira dan Andhika Ramadhani!

Optimisme Shin Tae-yong


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.--X @txtdrimedia

Kendati menghadapi tim yang di atas kertas lebih kuat dari Indonesia, Shin Tae-Yong memunculkan respons optimis jelang laga bergengsi itu. Menurutnya, mentalitas memegang peran yang sangat penting dalam laga seperti ini.

"Uzbekistan adalah salah satu tim terkuat di kompetisi ini. Mereka memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sisi penyerangan dan sisi bertahan. Serta juga seperti yang Anda tahu, transisinya cepat," kata Shin Tae-yong.

"Hal itu perlu kita atasi. Dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan," jelas Shin Tae-Yong. "Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia," tutup pelatih 53 tahun tersebut.

Sebagai pelatih, Shin Tae-Yong punya pengalaman membawa anak buahnya mengalahkan raksasa. Yang terbaru adalah di Piala Dunia 2018 di Rusia. Waktu itu, timnas Korea Selatan sukses mengalahkan Jerman di penyisihan grup.

Memang, dalam momentum itu, Korea gagal lolos ke babak knockout. Namun, kemenangan atas juara dunia 4 kali tersebut tetap membuktikan bahwa apa saja bisa terjadi di sepak bola. Dan Shin Tae-Yong punya mentalitas tersebut.

BACA JUGA:Menguak Kekuatan Timnas Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024: Garuda Muda Hadapi Empat Pemain Liga Eropa

Nilai Pasar Skuad Uzbekistan Empat Kali Lipat


Umarali Rakhmonaliev ketika mencetak gol kedua Uzbekistan melawan Arab Saudi, 26 April 2024-AFC-

Saat ini Uzbekistan memiliki komposisi pemain yang jauh lebih mahal dari skuad Indonesia. Dilansir dari Transfermarkt, Nilai pasar Uzbekistan U-23 diperkirakan mencapai 17,35 juta euro atau setara dengan Rp301 miliar.

Jumlah itu hampir empat kali lipat daripada Timnas Indonesia U-23. Garuda Muda hanya memiliki nilai pasar sekitar 4,8 juta euro (Rp83 miliar).

Satu penggawa Uzbekistan U-23 yang memiliki nilai pasar tertinggi di Piala Asia U-23 adalah Abbosbek Fayzullaev. Pemain tersebut memilik harga pasar sekitar 5 juta euro (Rp86 miliar).

BACA JUGA:Putuskan Tren Gonta Ganti Pelatih, STY Menjadi Pelatih Timnas Paling Awet Selama Satu Dekade Terakhir

Harga pasaran gelandang 20 tahun milik CSKA Moskow itu, bahkan lebih bernilai dari total 23 pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

Namun, Indonesia sama sekali tak gentar. Juru taktik Indonesia, Shin Tae-yong tetap menanamkan rasa percaya diri kepada anak asuhnya, agar bermain dengan semangat juang tinggi.

Pelatih asal Korea Selatan itu berujar kalau dia akan mengerahkan taktik terbaiknya untuk memenangkan laga semifinal kontra Uzbekistan. "Feeling saya bagus (untuk laga melawan Uzbekistan). Jadi, semoga kami beruntung. Saya akan melakukan persiapan dengan baik," pungkas Shin Tae-yong. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber