Hore! Timnas Indonesia Dapatkan Kiper FC Dallas: Maarten Paes Pernah Bela Timnas Belanda U21

Hore! Timnas Indonesia Dapatkan Kiper FC Dallas: Maarten Paes Pernah Bela Timnas Belanda U21

Breaking News! Maarten Paes Resmi WNI Hari Ini, Bisa Perkuat Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026?-Dok.Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta-

HARIAN DISWAY - Tak ada angin tak ada hujan, kabar mengejutkan datang. Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kiper FC Dallas itu telah mengungkapkan janji menjadi WNI, Selasa, 30 April 2024 siang hari. 

Proses naturalisasi Maarten Paes, kiper FC Dallas, mengalami berbagai tahapan sebelum akhirnya dia resmi menjadi WNI. Berikut adalah kronologi lengkap proses naturalisasi Maarten Paes:

Perjalanan dimulai ketika Maarten Paes mengunjungi Jakarta pada 8 Januari 2024, di mana dia bertemu dengan Ketua PSSI, Erick Thohir.

Proses administratif kemudian dilakukan oleh PSSI, diikuti dengan pengabulan permohonan kewarganegaraan oleh DPR RI untuk dibahas dalam rapat Komisi III dan Komisi X.

BACA JUGA:Indonesia vs Uzbekistan 0-2: Gagal ke Final Piala Asia U-23, Garuda Muda Digembosi Wasit


Maarten Paes Tidak Diturunkan Lawan Vietnam, Ini Penjelasan Erick Thohir-X/@skorindonesia-

Pada tanggal 7 Maret 2024, bersama dengan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye, DPR merestui kelanjutan proses naturalisasi untuk kemudian ditindaklanjuti dengan menunggu Keputusan Presiden (Keppres).

Meskipun Keppres dari Presiden RI, Joko Widodo, telah diterbitkan untuk tiga pemain naturalisasi termasuk Paes, namun hanya Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye yang bisa melakukan sumpah WNI pada 18 Maret lalu.

Maarten Paes terpaksa menunda pengambilan sumpah, karena terdapat hambatan terkait legitimasi untuk membela tim nasional.Proses naturalisasi Maarten Paes sempat terhambat oleh Statuta FIFA edisi 2022 Pasal 9 Ayat 2 Poin C tentang Perpindahan Asosiasi.

BACA JUGA:Shin Tae-Yong Optimistis Jelang Semifinal Piala Asia U-23 Lawan Uzbekistan: Feeling Saya Bagus

"Pada waktu tertentu ketika pemain diturunkan terakhir kali pada laga resmi di asosiasi sebelumnya, setidaknya belum berusia 21 tahun," tulis FIFA tentang aturan perpindahan kewarganegaraan pemain.

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa pemain yang pernah membela tim nasional di kompetisi resmi tidak boleh lebih dari 21 tahun pada saat pindah federasi.

Kendala muncul karena Maarten Paes terakhir kali bermain bersama timnas Belanda U-21 pada 15 November 2020 ketika usianya sudah 22 tahun.

BACA JUGA:Sssttt! Ini Percakapan Erick Thohir yang Bakar Semangat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia AFC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: