Hari Buruh dan Tantangan Produktivitas Tenaga Kerja RI

Hari Buruh dan Tantangan Produktivitas Tenaga Kerja RI

ILUSTRASI Hari Buruh Internasional dan tantangan produktivitas tenaga kerja Indonesia.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

HARI Buruh Internasional atau May Day yang diperingati setiap 1 Mei harus kita jadikan momentum reflektif: apakah produktivitas tenaga kerja di Indonesia sudah makin bersaing (kompetitif) di tingkat global?

Setidaknya dibandingkan dengan  produktivitas tenaga kerja negara-negara Asia ataupun ASEAN? 

Jika belum, bagaimana kita bisa menjadikan May Day sebagai hari pencanangan tekad untuk mewujudkan iklim ketenagakerjaan yang makin produktif dan kompetitif di tingkat global. 

BACA JUGA: Hari Buruh 1 Mei 2024, 20 Ribu Buruh Jatim Bakal Tagih Janji Politik Khofifah

BACA JUGA: Peringatan Hari Buruh di Surabaya: Hindari Rute Demonstrasi Ini...

PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA RI

Badan PBB yang membidangi urusan ketenagakerjaan, yakni ILO (Organisasi Buruh Internasional), menyebutkan bahwa produktivitas tenaga kerja adalah salah satu indikator ekonomi yang penting. 

Produktivitas tenaga kerja akan memengaruhi laju pertumbuhan ekonomi, daya saing, dan standar hidup masyarakat dalam suatu negara. Produktivitas tenaga kerja mencerminkan total volume output yang diukur dari GDP (produk domstik bruto) yang dihasilkan per unit tenaga kerja. 

Produk domestik bruto per unit tenaga kerja tersebut diukur dari tenaga kerja atau jam kerja pada kurun waktu tertentu.

BACA JUGA: Hari Buruh 1 Mei, 50 Ribu Orang Akan Gelar Aksi di Kawasan Istana Sabtu 27-04-2024,19:52 WIB

BACA JUGA: Jutaan Buruh Masih Diupah Murah; Refleksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Indikator produktivitas tenaga kerja itu bisa digunakan untuk mengukur tingkat input PDB terhadap tenaga kerja dan tingkat pertumbuhan produktivitas tenaga kerja dari waktu ke waktu. 

Dengan demikian, itu memberikan informasi umum tentang efisiensi dan kualitas sumber daya manusia dalam proses produksi dalam konteks ekonomi dan sosial pada suatu wilayah tertentu (negara).

Dengan indikator di atas, setiap tahun ILO merilis tingkat produktivitas tenaga kerja di setiap negara anggota PBB. Berapa PDB yang bisa dihasilkan satu tenaga kerja dalam satu jam kerja pada suatu periode tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: