Ulang Tahun Thian Siang Sing Boo di TITD Kim Hin Kiong: Meneladani Cinta Tanpa Beda

Ulang Tahun Thian Siang Sing Boo di TITD Kim Hin Kiong: Meneladani Cinta Tanpa Beda

Prosesi ibadah ulang tahun Thian Siang Sing Boo di TITD Kim Hin Kiong Gresik yang khidmat. -Guruh Dimas Nugraha-HARIAN DISWAY

GRESIK, HARIAN DISWAY - Menyambut ulang tahun Dewi Laut Thian Siang Sing Boo, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kim Hin Kiong Gresik, menggelar Ibadah untuk menghormati sosoknya. Keteladanan Dewi Laut tersebut menjadi inspirasi banyak orang.

Setiap acara-acara besar, masyarakat selalu memadati TITD yang terletak di Jalan Dr Setia Budi, Gresik itu. Terutama saat Imlek dan hari jadi TITD yang diperingati setiap 1 Agustus. Juga saat digelar perayaan ulang tahun Thian Siang Sing Boo pada 1 Mei 2024. 

Semua TITD yang menggunakan figur suci tersebut sebagai dewa pelindung secara serentak merayakannya. Sebelum ibadah dimulai, barongsai unjuk gigi.

BACA JUGA: TITD Tay Kak Sie Semarang (2): Sejarah Wabah Malaria

Membawakan lima jenis barongsai dengan lima warna. Sesuai konsep lima elemen dasar dalam ilmu fengshui. Ada kayu (hijau), tanah atau bumi (kuning), logam (putih), dan api (merah).

Masing-masing barongsai dimainkan dua kali. Yakni sebelum dan sesudah ibadah. Selain sebagai hiburan, fungsi permainan barongsai itu sebagai ritus pembersihan lingkungan dari energi negatif yang menempel.


Penampilan barongsai TITD Kim Hin Kiong menghibur warga setempat. Kehadiran mereka selalu disambut antusias oleh masyarakat. -Guruh Dimas Nugraha-HARIAN DISWAY

Selain disaksikan umat dari kelenteng tersebut, ada para tamu dari berbagai kelenteng. Mereka datang mengucapkan selamat. Belum terhitung papan ucapan terpajang dari depan pintu masuk hingga ke bagian dalam.

BACA JUGA: TITD Tay Kak Sie Semarang (1): Tertua Ketiga di Semarang, Dulu Bernama Kwan Im Ting


Olivia Yunita, umat dari Kelenteng Boen Bio Surabaya meletakkan hio di tungku pedupaan di depan altar Thian. -Guruh Dimas Nugraha-HARIAN DISWAY

Di antara tamu yang bertandang itu Kelenteng Boen Bio Surabaya. "Ini silaturahmi kami dengan kawan-kawan Tri Dharma. Selain itu ya untuk bersembahyang di hadapan Dewa Laut Thian Siang Sing Boo," ujar Olivia Yunita, salah seorang dari 8 orang dalam rombongan Boen Bio.

Di dalam TITD, tampak altar utama. Di bagian tengah adalah altar Thian Siang Sing Boo. Altar terbesar dari 9 altar di tempat ibadah itu.

Di hadapan altar Dewi Laut terdapat altar Thian atau altar Tuhan. Di dinding kanan-kiri ruang utama altar tersebut terdapat puluhan visual yang berjajar dalam bidang persegi. 


Umat Tri Dharma menghaturkan doa di hadapan altar Thian Siang Sing Boo yakni Dewi welas asih yang menguasai lautan. -Guruh Dimas Nugraha-HARIAN DISWAY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: