Gus Ipul: PerluRegenasi Profesi Modin

Gus Ipul: PerluRegenasi Profesi Modin

Gus Ipul sampaikan profesi petugas pemusalaraan jenazah semakin langka-Dinas Kominfotik Kota Pasuruan-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Dinas Sosial Kota Pasuruan menggelar Pembinaan Petugas Pemulasaraan Jenazah (Modin) di Gedung Darmoyudo, Jumat, 3 Mei 2024. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut, profesi petugas pemusalaraan jenazah (Modin) semakin langka.

Padahal, modin merupakan salah satu tokoh masyarakat yang mempunyai peran penting di tengah kehidupan masyarakat. Terlebih saat ini, Modin cukup sulit ditemui terutama bagi generasi muda.

“Jasa para modin bagi kehidupan kita ini sangat besar dan berharga. Bayangkan jika kita meninggal tidak ada yang mengurus, anak-anak kita pun belum tentu bisa mengurus jenazah kita,” ujar Gus Ipul

Gus Ipul menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada para modin yang telah bekerja dengan tulus dan ikhlas. Mengingat, hal ini hanya mampu dilakukan oleh orang-orang tertentu yang memiliki keahlian khusus baik ilmu pengetahuan dan keterampilan.

BACA JUGA:Pilkada Kota Pasuruan: PKB Usung Adik Mantan Wali Kota, Gus Ipul Masih Belum Tentukan Langkah

BACA JUGA:Kota Pasuruan Dapat WTP Untuk Yang Keempat Kalinya, Gus Ipul Berharap Keuangan Daerah Semakin Tranparan

“Kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya atas peran besar Bapak/Ibu selaku Modin yang mau melaksanakan tugas mulia ini,” ucapnya

Di antara pembangunan fasilitas publik di Kota Pasuruan, Gus Ipul mengatakan bahwa perbaikan Taman Pemakaman Umum (TPU) menjadi perhatian utama. Ia berpesan agar makam hendaknya ditata dan dirapikan layaknya taman makam pahlawan.

“Bukan hanya sekedar membangun makam baru, tetapi TPU ini baik yang dikelola Pemkot Pasueuan maupun masyarakat harus benar-benar bersih seperti tempat makam pahlawan. Sebab makam ini adalah makam pahlawan keluarga kita, juga menjadi rumah masa depan kita,” pesan Gus Ipul

Bukan tanpa alasan, hal tersebut disampaikan sebab Gus Ipul ingin mengubah presepsi masyarakat bahwa makam yang semula dianggap menjadi tempat yang menyeramkan dapat menjadi tempat yang indah dan nyaman.

BACA JUGA:Nasdem Kota Pasuruan Buka Pendaftaran Bacakada Tanpa Mahar

BACA JUGA:Daftar Bacabup Pasuruan Lewat PKB , Mas Dion Terinspirasi Al-Araf Ayat 96

“Mari kita ajak khususnya para pengelola makam untuk memperindah TPU, lengkapi lampu di malam hari, bersihkan makam-makam, jaga agar terlihat rapi, ciptakan suasana aman supaya para peziarah juga dapat merasa nyaman,” ujar Gus Ipul

Pada kesempatan ini, juga disalurkan honor Modin periode bulan Maret sampai April 2024 masing-masing Modin menerima honor sebesar Rp 300.000 per bulan. Hal ini sebagai wujud apresiasi pemerintah Kota Pasuruan terhadap para Modin yang telah bekerja dan selalu sigap setiap terjadi kematian warga di lingkungannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: