Jangan Kebanyakan Ngopi! Ketahui Dulu 5 Bahayanya Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Jangan Kebanyakan Ngopi! Ketahui Dulu 5 Bahayanya Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Minum air putih lebih baik untuk mengawali hari dibanding kopi-Raih manfaatnya-freepik

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Banyak orang memang suka minum kopi. Tidak heran karena memang rasanya yang enak. Bisa bikin semangat beraktivitas. Tapi Anda harus hati-hati. Sebab yang enak biasanya melenakan.

Apalagi jika Anda mengonsumsinya setiap hari dan porsi yang cukup banyak. Padahal mengonsumsi kopi sering kali menjadi pilihan untuk menemani seseorang beraktivitas. Umumnya, kita akan beralasan untuk menjadikan diri lebih produktif.

Padahal, konsumsi kafein yang terlalu berlebihan mempunyai dampak yang kurang bagus bagi tubuh. Maka, Anda harus membatasi konsumsi kafein agar tidak lebih dari 200 miligram per hari, atau setara dengan 2 cangkir kopi.

BACA JUGA: Waspada! Perokok Pasif, Terutama Anak-anak, Rentan Penyakit Paru 

Kontrol itu penting agar tubuh tetap sehat dan tidak terkena dampak kopi yang tidak baik bagi tubuh.  Berikut sederet dampak yang dapat terjadi jika Anda berlebihan mengonsumsi kopi.

1. Gangguan tidur


Terlalu banyak konsumsi kopi bisa membuat siklus tidur Anda terganggu dan jadi kurang optimal saat beraktivitas. --freepik

Mengonsumsi kopi setiap hari dapat menyebabkan gangguan tidur karena kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat, meningkatkan kewaspadaan dan energi. 

Efek ini mungkin bermanfaat di pagi hari atau saat dibutuhkan dorongan energi, tetapi bisa menjadi masalah jika dikonsumsi menjelang waktu tidur atau dalam jumlah yang terlalu banyak sepanjang hari.

BACA JUGA: Di Kedai Pengyu Kopitiam Malang Ini, Ada 4 Menu Best Seller yang Jangan Dilewatkan

Jika seseorang minum kopi di sore atau malam hari, efek stimulasinya akan bertahan hingga waktu tidur, menyebabkan kesulitan untuk tertidur atau tidur yang tidak nyenyak. 

2. Mudah cemas dan gugup


Kebanyakan minum kopi bikin Anda jadi gampang cemas dan cenderung susah untuk tenang dan fokus. --Shutterstock/Krakenimages.com

Mengonsumsi kafein pada dasarnya dapat merangsang tubuh untuk dapat memproduksi hormon adrenalin agar membuat kita menjadi lebih bertenaga. Akan tetapi, jika terlalu banyak mengkonsumsinya  akan menimbulkan perasaan mudah cemas dan gugup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: