Bukan Hanya Paras, Pemilihan Koko Cici Jatim Lebih Utamakan Sikap dan Pengetahuan

Bukan Hanya Paras, Pemilihan Koko Cici Jatim Lebih Utamakan Sikap dan Pengetahuan

Ketua Ikatan Koci Jatim Angie Laurentsia menyampaikan materi pembekalan kepada 28 semifinalis Koko Cici Jatim 2024 di BG Junction Mall lantai 9, Surabaya, Minggu, 5 Mei 2024.-Teddy Insani Fi Syabilillah -

SURABAYA, HARIAN DISWAY Pemilihan Koko Cici Jawa Timur (Koci Jatim) 2024 sudah memasuki babak semi final. Pembekalan demi pembekalan pun akan diberikan kepada 28 semifinalis terpilih.

Menurut Ketua Ikatan Koci Jatim Angie Laurentsia, Koko Cici Jatim cukup berbeda dari kontes-kontes kecantikan pada umumnya. Alih-alih berfokus pada paras rupawan, Koci Jatim justru menekankan faktor lain dalam diri peserta.

Hal itu dikatakan Angie seusai mengisi pembekalan hari pertama di BG Junction Mall Surabaya, Minggu, 5 Mei 2024.

Kriteria penilaian itu meliputi behavior atau perilaku. Kemudian pengetahuan atau wawasan (brain). Tentu yang berkaitan dengan kebudayaan Tionghoa maupun pariwisata di Jawa Timur. 

BACA JUGA:13 Koko, 15 Cici, Semifinalis Koko Cici Jatim 2024 Terpilih!

Setelah dua kriteria tersebut, barulah ada pertimbangan tentang beauty dan talenta dari masing-masing peserta. Empat faktor itu dikenal dengan istilah 3B + 1 T (Behaviour, Brain, Beauty, dan Talent).

"Itu menjadi nilai utama kami. Kami ini organisasi (ikatan). Misal, peserta ini pintar sekali, tetapi sikapnya tidak baik. Itu akan mempengaruhi hasil penilaian kami," ucap Finalis Koci Jatim 2020 tersebut.

Dia pun memastikan bahwa pemenang Koci Jatim dari tahun ke tahun memiliki sikap yang baik. Di samping itu, mereka juga punya pengetahuan yang mumpuni.

"Baru kemudian dilihat secara wajah dan talentanya. Jadi saya tekankan lagi, di sini (Koci Jatim) yang utama adalah sikapnya. Bukan kecantikan ataupun ketampanan," urai Angie. 

Bukan Hanya Paras, Pemilihan Koko Cici Jatim Lebih Utamakan Sikap dan Pengetahuan. Peserta Semifinalis Koko Cici Jatim belajar cara memberi salam pada pembekalan hari pertama materi SOP Penugasan.-Teddy Insani Fi Syabilillah -

Lebih jauh, Angie mengatakan bahwa seleksi Koci Jatim 2024 lebih ketat dibanding dua tahun terakhir. Dengan persiapan yang matang, puncak Pemilihan Koci Jatim 2024 akan digelar lebih megah dan meriah. 

"Venue grand final nanti lebih bagus dan lebih mewah. Peserta juga akan dibekali kelas yang lebih lengkap selama proses karantina. Tentu kami juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengadakan kelas tersebut," ungkap Angie.

BACA JUGA:Dari Papua, Timothy Jonathan David Ikut Audisi Koko Cici Jatim 2024

Angie mengaku bahagia bisa ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Koko Cici Jatim 2024. Meski sempat rehat selama satu tahun, kontes tersebut rupanya tidak kehilangan para peminatnya.

"Pada Koci Jatim tahun ini, justru pesertanya bertambah dan lebih beragam. Tidak hanya dari Surabaya. Ada peserta yang berasal dari Malang, Kediri, Riau, bahkan Papua," kata Angie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: