Cheng Yu Pilihan General Affair di China Construction First Group Corp. Ltd (CCFG) Firdausi: Hao Shi Duo Mo

Cheng Yu Pilihan General Affair di China Construction First Group Corp. Ltd (CCFG) Firdausi: Hao Shi Duo Mo

Cheng yu pilihan General Affair di China Construction First Group Corp. Ltd (CCFG) Firdausi: hao shi duo mo. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Mencius, filsuf penerus Konfusius, ribuan tahun silam pernah mengatakan, "Tuhan kalau akan memberikan kemuliaan kepada seseorang, pasti akan terlebih dahulu membuatnya menderita, membuatnya lelah, membuatnya lapar, membuatnya kurus kering, membuat yang telah dikerjakannya berantakan".

Demikian syairnya: 天将降大任于斯人也,必先苦其心志,劳其筋骨,饿其体肤,空乏其身,行拂乱其所为 Tiān jiāng jiàng dà rèn yú sī rén yě, bì xiān kǔ qí xīn zhì, láo qí jīn gǔ, è qí tǐ fū, kōng fá qí shēn, xíng fú luàn qí suǒ wéi.

Selain mungkin untuk menyemangati kita agar tidak mudah putus asa, ia juga mungkin hendak menegaskan bahwa kesuksesan memang tidaklah mudah untuk diraih. Butuh usaha ekstra. Terbentur, terbentur, terbentur, baru kelak bisa terbentuk --kata Tan Malaka.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Kepala Klinik Dentaland Surabaya drg Handy Wiratama Hartono SpKGA: Mou Shi Zai Ren, Cheng Shi Zai Tian

Barangkali itulah mengapa, dalam khazanah kearifan bangsa kita, kita diajari untuk menyadari perlunya bersakit-sakit dahulu untuk bisa bersenang-senang kemudian.

Sebab, sebagaimana lirik lagu Jackie Chan yang dijadikan pegangan hidup Firdausi Nuzula Hamid, "不经历风雨怎么见彩虹,没有人能随随便便成功" (bù jīng lì fēng yǔ zěn me jiàn cǎihóng, méi yǒu rén néng suí suí biàn biàn chéng gōng).

Artinya: bagaimana bisa melihat pelangi bila tidak melewati hujan dan angin; tak ada orang yang bisa sukses dengan teramat mudah. Atau, dalam istilah pepatah klasik, "好事多磨" (hǎo shì duō mó): segala sesuatu yang bagus, pasti dihasilkan dari jerih payah.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Co-Founder Dagadu Djokdja Wiwik Sri Suhartati: Hao Shi Duo Mo

Begitulah yang terus dilakukan Firdausi. Di sela-sela kesibukannya sebagai general affair di China Construction First Group Corp. Ltd (CCFG), dia tak lupa membagi ilmu dengan mengajar bahasa Mandarin.

Yakni di Surabaya International Institute of Business & Technology (SIIBT), almamater yang telah mengirimnya kuliah ke Chongqing University of Arts and Science. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: