Deka Hotel Surabaya Optimistis Sabet Juara Best Local Dishes di STA 2024 dengan Menu Andalannya

Deka Hotel Surabaya Optimistis Sabet Juara Best Local Dishes di STA 2024 dengan Menu Andalannya

Suasana restoran Deka Hotel Surabaya. Tahun ini hotel tersebut mengikuti STA 2024 untuk berlaga dalam kategori Best Local Dishes. --Deka Hotel Surabaya

Selain makanan, salah satu minuman lokal yang disajikan di Deka Hotel adalah es gudir. Minuman tradisional tersebut jelinya dibuat dari rumput laut asli. Diolah, kemudian dibersihkan dan direbus untuk diambil sarinya.

BACA JUGA: 6 Tempat Bersejarah di Tanah Suci

"Sari rumput laut itu didinginkan sampai menjadi jeli. Untuk gulanya gula jawa, di-mix dengan santan, kelapa parut dan topping nangka," ujar FBM Deka Hotel Bagus Wahyu Hadi. 

Cukup jarang restoran atau hotel yang menyajikan minuman tradisional tersebut. "Bisa jadi ajang nostalgia. Jika ingat masa kecil tentu kita banyak melihat pedagang es gudir keliling. Nah, di sini kami sediakan es gudir," tambahnya.

Selain itu terdapat rawon yang sangat identik kuliner Surabaya serta nasi goreng bumbu rawon. Semua masakan itu kreasi Chef Tomy.

BACA JUGA:Kokoon Hotel dan Blockbuster Museum Surabaya Siap Raih Jawara Lagi dalam Surabaya Tourism Award 2024

Sementara itu, panitia STA 2024 telah merilis informasi terbaru terkait ajang tersebut. Dewan juri telah melakukan seleksi dan penjurian tahap pertama melalui video dan form yang di-submit oleh peserta dari hotel maupun objek wisata.


Aneka menu khas Jawa Timur andalan Deka Hotel, di antaranya es gudir, dan nasi goreng rawon.STA 2024: Peserta Kategori Best Local Dishes. --Deka Hotel Surabaya

Dari data itu, dipilih masing-masing tiga peserta terbaik dari masing-masing kategori penilaian. Sehingga terdapat 30 finalis Surabaya Tourism Award. Terdiri dari 15 hotel dan 15 objek wisata.

"Pengumuman dirilis di e-paper, website Harian Disway, dan Instagram @harian.disway, sekitar 17-18 Mei 2024. Selanjutnya, penjurian lapangan akan berlangsung pada 20-22 Mei 2024,” ujar ketua panitia STA 2024 Vivian Vanessa.

BACA JUGA:Influencer Piniela Sutandi Ajak Semifinalis Koko Cici Jawa Timur 2024 Ciptakan Versi Diri Terbaik

Ia menyampaikan bahwa sistem penjurian akan dilakukan secara mystery guest. "Sehingga dalam menilai, para juri dapat melihat kenyataan di lapangan dengan sebaik-baiknya. Para peserta hotel dan objek wisata yang terpilih bisa menyiapkan diri pada tanggal-tanggal itu," ujarnya.

Berikutnya pada tahap akhir, pengumuman juara dilangsungkan pada 26 Mei 2024 di Ciputra World Mall Surabaya. Ajang STA 2014 kali ini dipastikan bakal berlangsung semarak dan seru. Sebab setiap hotel dan objek wisata memiliki keunggulan masing-masing. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: