Ngebut dengan Banana Boat, Mencari Yang Seru di Pantai Dalegan Gresik

Ngebut dengan Banana Boat, Mencari Yang Seru di Pantai Dalegan Gresik

Sepasang muda-mudi berselfie di pinggir Pantai Dalegan, dengan latar matahari jelang senja.-Guruh Dimas Nugraha-

Hanya itu kawasan yang sering macet. Sebab, kendaraan pribadi berbagi jalan dengan kendaraan umum dan kendaraan-kendaraan berat. Pemandangan paling sunyi adalah ketika melewati hutan yang luas. Hutan jati.

Pepohonan berjajar, berukuran besar dan cukup rapat. Daun-daunnya yang lebar, rimbun, tampak menghijau. Melambai-lambai menyapa para pengguna jalan. Tak jauh setelah melewati hutan itu, ada jalan berbelok ke kiri.

BACA JUGA: Serunya Menikmati Pantai Kondang Merak di Malang Selatan, Tak Perlu Jauh-Jauh ke Bali!

Menuju Desa Rejodadi. Papan penunjuk arah sudah tersedia. Masuk ke desa tersebut, jalannya mulus beraspal. Menanjak-menurun. Kekhasan jalan di areal kawasan batu kapur Pantai Utara.

Di sepanjang jalan menuju Pantai Dalegan, terdapat beberapa pemukiman serta perkebunan milik warga setempat. Ada pula kios-kios penjual minuman legen. Yakni minuman khas Lamongan dan Gresik yang dibuat dari air buah siwalan.

Tarif masuk wisata tersebut cukup terjangkau. Per orang seharga 10 ribu rupiah. Sedangkan untuk tarif parkir mobil, seharga 5 ribu rupiah. Lokasi parkir cukup luas dan teduh. Dari areal parkir saja sudah dapat menikmati pesona Pantai Dalegan.

BACA JUGA: Pantai Sepanjang; Garis Pantai Seluas Mata Memandang

Dari kejauhan terdapat pemandangan bukit-bukit kapur. Saya berkunjung ke sana pada Minggu, 5 Mei 2024. Hari libur, padat pengunjung. Mereka asyik berenang dan bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia maupun di atas permukaan pasir. Sambil menggelar tikar.

Di sebelah barat, terdapat pos pemantauan. Pengelola wisata Pantai Dalegan telah menyiapkan pemantau untuk berjaga di pos tersebut. Mengawasi para wisatawan yang sedang berenang. Tentu ada peringatan untuk tak berenang terlalu ke tengah.

Pengelola wisata Pantai Dalegan menyewakan beberapa fasilitas untuk berenang. Yakni pelampung. Tarif sewanya 15 ribu rupiah per orang. Jika ingin ke tengah laut, bisa menumpang speed boat dan banana boat. Harga sewa 35 ribu rupiah per orang.

BACA JUGA: Memandang Senja di Tepi Bangkalan, Menikmati Suasana Romantis di Dermaga Rasa

Satu speed boat hanya bisa dinaiki oleh 5-6 orang. Maka tak heran saat weekend, orang harus rela mengantre untuk menumpanginya. Yang cukup memicu adrenalin adalah banana boat. Cukup untuk 7 orang. 


Speed boat dan banana boat yang disediakan pengelola Pantai Dalegan. Harganya terjangkau. Hanya 35 ribu rupiah per orang.-Guruh Dimas Nugraha-

Saat beroperasi, lajunya kencang. Penumpang harus berpegangan di sisi kanan dan kiri selama tumpangannya itu ngebut. Yang pasti, semua sudut Pantai Dalegan memiliki view apik. Instagramable, kata anak zaman kekinian.

Bagus untuk pasokan media sosial dan dipamerkan pada kawan-kawan. Beberapa orang terlihat berswafoto di beberapa titik. Terutama yang berpasangan. Mereka berpose romantis ala Romeo dan Juliet versi Gresik yang bikin ngiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: