Laporan Haji 2024 (15): Memilih Taksi Online di Madinah, Dapat Gratis karena Pengguna Baru

Laporan Haji 2024 (15): Memilih Taksi Online di Madinah, Dapat Gratis karena Pengguna Baru

Pengemudi Bolt Muidh Almutairi mengantar Harian Disway di Kota Madinah.-Tomy Gutomo-Media Center Haji

Kota Madinah tidak banyak memiliki transportasi publik. Taksi menjadi salah satu pilihan sarana transportasi. Namun tidak ada taksi argo di Madinah. Taksi resmi maupun taksi gelap sama-sama memakai sistem tawar menawar. Untung ada taksi online yang memberi harga yang lebih pasti.

---

Sebenarnya jarak Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Madinah ke Masjid Nabawi hanya 2,5 km. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi di siang hari, dengan suhu di atas 40 derajat Celsius, cukup menyiksa jika berjalan kaki. 


Taksi online di Madinah menggunakan mobil mewah. -Tomy Gutomo-Media Center Haji

Naik taksi jadi pilihan utama di siang hari. Saat kita berdiri di pinggir jalan, begitu sering taksi gelap menghampiri. Mereka rata-rata menawarkan SAR 20-SAR 25 (Rp 90 ribu - Rp 112.500) untuk mengantar ke Masjid Nabawi. Mobil yang dipakai taksi gelap rata-rata juga tidak terawat.

BACA JUGA:Laporan Haji 2024 (14): Mengintip Dapur Katering yang Melayani Jamaah Haji Indonesia di Madinah

BACA JUGA:Laporan Haji 20204 (13): Belajar Alam Semesta di As Safiyyah Museum & Park Madinah

Kalau taksi resmi juga meminta harga yang kurang lebih sama dengan taksi gelap. Maka, pilihan jatuh pada taksi online. Selain tak perlu tawar menawar, mobilnya juga bagus-bagus. Juga terawat. 

"Di sini usia mobil paling lama tiga tahun untuk didaftarkan ke taksi online," ujar Ali Saleh, Al Haadeedi pengemudi taksi online Bolt

Ada tiga taksi online yang jadi favorit di Madinah. Ada Uber, Careem, dan Bolt. "Kalau saya sarankan pakai Bolt. Mobilnya bagus-bagus. Harganya menurut saya paling murah," kata Guntur, chef di Oberoi Hotel, Madinah. 


Tampilan aplikasi Bolt. Foto kanan, tampilan invoice yang menunjukkan tagihan SAR 0 alias gratis.--Media Center Haji

Guntur sudah 9 tahun tinggal di Madinah. Menjadi chef di hotel bintang 5 yang lokasinya sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Tim Media Center Haji (MCH) bertemu dengan Guntur di rumah makan Padang Bu'Yung yang berada di seberang Hotel Oberai. 

BACA JUGA:Laporan Haji 2024 (12): Mengunjungi Percetakan Alquran Raja Fahd, Percetakan Alquran Terbesar di Dunia

BACA JUGA:Laporan Haji 2024 (11): Hindari Kelebihan Bagasi, Jamaah Haji Bisa Kirim Barang Lewat Cargo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: