Kuatkan Pemasaran Ekowisata di TNMB, UNEJ dan UPLB Philipine Jalankan Konservasi Hutan Berbasis Masyarakat

Kuatkan Pemasaran Ekowisata di TNMB, UNEJ dan UPLB Philipine Jalankan Konservasi Hutan Berbasis  Masyarakat

Proses konservasi hutan di TNMB yang berupaya untuk memajukan sektor ekologi dan ekowisata di Jember. --Universitas Jember

Kegiatan penguatan atraksi jungle track dan riverside coffee TNMB itu diikuti dua mahasiswa University of the Philipines Los Baños (UPLB) yang sedang mengikuti pertukaran pelajar di Unej. Mereka sangat terkesan dengan upaya ini.

Sebab selain berkontribusi terhadap masyarakat lokal dan lingkungan juga memberikan pengalaman ekowisata Indonesia. “It's excited trip that has never been before,” tutur Cheska Andrea C. Avenido dari College of Development Communication UPLB.


Menikmati rindangnya hutan dengan suasana yang sejuk jadi salah satu keberhasilan konservasi. --Universitas Jember

Penguatan atraksi dan promosi ekowisata berbasis masyarakat disambut baik oleh Ketua Kelompok Masyarakat Pemuda Peduli Alam (Pokmas PPA) Rohim, salah seorang pelaku ekowisata berbasis masyarakat di TNMB.

“Kehadiran kawan-kawan menjadi penyemangat kami untuk terus berkarya melalui ekowisata” ulas Rohim. Sementara Ketua Dewan Pengarah Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia Jatim (FK3I Jatim) Ihsanuddin turut mengapresiasi.

BACA JUGA: Eri Cahyadi Larang Study Tour SD dan SMP ke Luar Surabaya, Ini Alasannya

“Ekowisata beda dengan wisata umumnya, selain harus melibatkan masyarakat lokal juga harus bermuatan interpretasi dan edukasi” jelas dosen di Prodi Penyuluhan Pertanian UNEJ itu.

Ia mewanti-wanti agar ekowisata harus mendukung aktivitas konservasi dan bukan sebaliknya. Sehingga harmoni ekonomi dan ekologi menjadi keniscayaan yang harus terjadi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: