5 Tip Memilih Hewan Kurban yang Baik untuk Iduladha

5 Tip Memilih Hewan Kurban yang Baik untuk Iduladha

Inilah 5 tip memilih hewan kurban yang baik, pastikan memenuhi syariat Islam dan sehat. --ilustrasi

Informasi tentang usia hewan dapat diperoleh dari catatan kelahiran atau pemeriksaan gigi yang dimiliki oleh peternak hewan tersebut atau bagian pengelola ternak.

3. Cek Kondisi Fisik dengan Baik

Anda perlu memperhatikan bahwa hewan kurban tidak memiliki cacat fisik. Pastikan hewan tersebut memiliki anggota tubuh lengkap, tidak pincang, tidak buta, dan tidak menderita penyakit yang dapat mengganggu kesehatannya.

BACA JUGA:Catat Syarat Mutlak Hewan Kurban di Surabaya: Izin, Vaksin, dan...

BACA JUGA:Pemkot Imbau Masyarakat Tak Sembarangan Buka Lapak Hewan Kurban di Kota Surabaya, Wajib SKKH dan Rekomendasi DKPP


Hewan Kurban dijajakan di Kawasan Jakarta Utara jelang Hari Raya Idul Adha 1445H-Cahyono-

4. Pilih Hewan yang Memiliki Kesehatan Prima

Pastikan bahwa hewan kurban dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit. Periksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan pastikan tidak ada tanda-tanda penyakit seperti demam, kurang nafsu makan, atau gangguan pernapasan.

Pilihlah hewan kurban yang memiliki nafsu makan baik, aktif, mata yang berkilau, dan bulu tidak kusam. Dengan begitu, hewan akan menghasilkan kondisi tubuh yang gemuk dan sehat.

BACA JUGA:Begini Kronologi Keracunan Massal Olahan Daging Kurban di Kalilom Surabaya

5. Pilih Tempat Pembelian yang Terpercaya

Pilihlah tempat pembelian hewan kurban yang terpercaya dan memenuhi standar kesehatan serta syarat-syarat yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. Pastikan fasilitas yang disediakan seperti kandang karantina, tempat pemotongan bersyarat, dan tempat pembuangan limbah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Itulah beberapa tip yang bisa Anda ikuti untuk memilih hewan kurban. Pastikan Anda menyerahkan hewan kurban yang sehat dan memenuhi syariat Islam, agar dapat memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang berhak menerima daging kurban. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: