Kabar Duka, Tujuh Jamaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Meninggal Dunia di Tanah Suci

Kabar Duka, Tujuh Jamaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Meninggal Dunia di Tanah Suci

Potret rombongan jamaah calon haji dari Indonesia di tanah suci.-Media Center Haji-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menjelang berakhirnya musim haji 1445 H, Sekretaris PPIH Embarkasi SURABAYA Abdul Haris, mengumumkan kabar duka atas wafatnya dua jamaah calon haji asal Jawa Timur di Makkah.

“Yaitu Pasikin Sarbidin, 71, dari kloter 3 Kabupaten Bojonegoro dan Choesnijah M. Cholil, 85, dari kloter 86 Kabupaten Sidoarjo,” ujar Haris dalam keterangannya, Minggu, 9 Juni 2024.

Pasikin Sarbidin, warga Dusun Soko, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 11.05 Waktu Arab Saudi (WAS). 

Sementara Choesnijah M. Cholil, warga Dusun Menyanggong, Kletek, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, dinyatakan meninggal dunia di RS Annur, Makkah.

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (5): Miqat di Masjid Aisyah untuk Umrah Kedua

"Semoga Jamaah haji yang wafat termasuk para syuhada yang menjadi ahli surga serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan," ucapnya mewakili segenap PPIH Embarkasi Surabaya.

Total, ada tujuh jamaah calon haji dari Embarkasi Surabaya yang meninggal dunia di Tanah Suci. Baik di Makkah maupun Madinah.

Tidak hanya itu, Haris juga melaporkan per Sabtu, 8 Juni 2024, sebanyak 12 jamaah calon haji masih tertunda keberangkatannya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. 

Dari jumlah tersebut, empat orang sedang menjalani perawatan di RSUD Haji Sukolilo Surabaya, tiga orang menunggu slot penerbangan setelah pulih dari sakit, dan lima orang adalah pendamping.

Di sisi lain, permintaan visa haji juga sudah ditutup, sehingga tidak memungkinkan adanya penambahan jamaah haji baru, untuk menggantikan jamaah yang batal berangkat. 

"Semoga para jamaah yang masih dirawat di RS Haji segera sembuh dan dapat kita berangkatkan di kloter pamungkas atau kloter 106 sehingga tidak ada penambahan open seat," ujar Haris.

BACA JUGA:Kisah Peziarah Ilegal yang Berjuang Melawan Rintangan untuk Berhaji

Selain itu, ada juga 14 jamaah yang telah kembali ke daerah asal setelah menjalani proses pemberangkatan di asrama haji. Di antaranya: 11 jamaah sakit, dua jamaah pendamping, dan satu jamaah hamil dengan usia kandungan kurang dari 14 minggu.

Berikut nama-nama jamaah calon haji yang meninggal dunia di tanah suci:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: