Shopee Dorong UMKM dan Brand Lokal Berdaya Saing, Tunjukkan Perkembangan Signifikan di Awal Tahun 2024

Shopee Dorong UMKM dan Brand Lokal Berdaya Saing, Tunjukkan Perkembangan Signifikan di Awal Tahun 2024

Platform e-commerce Shopee terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan brand lokal. -Freepik-

HARIAN DISWAY - Di awal 2024, geliat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan brand lokal di Indonesia menunjukkan tren pertumbuhan yang menggembirakan. Hal ini menjadi sorotan penting dalam lanskap ekonomi nasional.

Menandakan potensi besar sektor ini dalam mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM), kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia telah mencapai 61 persen.

Itu menunjukkan peran vitalnya sebagai tulang punggung perekonomian. Faktor-faktor seperti digitalisasi, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk, dan peran platform e-commerce seperti Shopee, telah menjadi kunci utama dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan brand lokal.

BACA JUGA: Belanja Lewat Live Streaming: Shopee Live Unggul Jadi Pilihan Penjual, Didorong Inovasi dan Manfaat Berkelanjutan

Selama tahun 2023, lebih dari 500 ribu penjual UMKM baru telah bergabung bersama Shopee dengan pertumbuhan pendapatan yang meningkat hingga 30 persen year-over-year (YoY) terhitung selama 2020-2023.


Perjalanan Shopee membantu UMKM dan brand lokal bertransformasi dan berdaya saing-istimewa-

Shopee: Mitra Strategis UMKM dan Brand Lokal

Sejak awal kehadirannya di Indonesia, Shopee berkomitmen untuk memajukan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM dan brand lokal. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa pada tahun 2023, 84 persen penjual di Shopee berasal dari kategori ini, dengan 93 persen total transaksi didominasi oleh produk lokal.

Komitmen Shopee tersebut diwujudkan melalui berbagai inisiatif dan program inovatif yang berkelanjutan. Berikut beberapa pencapaian signifikan Shopee dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan brand lokal di awal 2024:

BACA JUGA: Serbu Sekarang! Mami Louisse Live 60 Jam Lebih di Shopee, Geber Flash Sale Mobil dan Motor Hanya Rp 6 Ribu

1. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Shopee membuka akses yang mudah dan inklusif bagi UMKM dan brand lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Upaya strategis, inisiatif, dan program menarik ini terbukti efektif, dengan total pesanan dari UMKM dan brand lokal di Shopee mengalami peningkatan 4 kali lipat selama puncak kampanye di tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

2. Melangkah ke Pasar Global

Membuka peluang ekspor melalui digitalisasi, Shopee menghadirkan Program Shopee ekspor. Lebih dari 26 juta produk lokal telah berhasil diekspor ke berbagai negara melalui program ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: