Belanja Lewat Live Streaming: Shopee Live Unggul Jadi Pilihan Penjual, Didorong Inovasi dan Manfaat Berkelanjutan

Belanja Lewat Live Streaming: Shopee Live Unggul Jadi Pilihan Penjual, Didorong Inovasi dan Manfaat Berkelanjutan

Brand lokal & UMKM masih memilih Shopee Live sebagai pilihan utama fitur berjualan-Ilustrasi: zinkevych on Freepik-

HARIAN DISWAY - Di tengah beragamnya platform e-commerce, tren berbelanja melalui live streaming di Indonesia kian marak tahun ini. Fitur ini tak hanya digemari masyarakat. Tapi juga menjadi primadona bagi para pemain e-commerce. Seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada.

Para platform ini berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming terbaik untuk belanja online. Demi memberikan pengalaman berbelanja yang maksimal dan interaktif bagi konsumen.

Hal itu sejalan dengan misi mereka untuk menciptakan dampak dan manfaat berkelanjutan bagi para pelaku usaha, khususnya brand lokal dan UMKM.

BACA JUGA:Serbu Sekarang! Mami Louisse Live 60 Jam Lebih di Shopee, Geber Flash Sale Mobil dan Motor Hanya Rp 6 Ribu

Menurut survei IPSOS bertajuk Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual pada 2023, Shopee Live masih menjadi raja di antara platform live streaming yang digunakan oleh para brand lokal dan UMKM.


HEBOH! Mami Louisse live 60 jam lebih di Shopee, ada flash sale mobil dan motor hanya Rp 6 ribu, ayo diserbu.-Mami Louisse Instagram-

Survei yang dilakukan pada kuartal ketiga 2023 itu melibatkan para penjual dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel.

Survei tersebut mengulas berbagai indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih platform live streaming untuk berjualan.

BACA JUGA:Vidi Aldiano: Belanja Online Nyaman dan Tepat Waktu di Shopee dengan Garansi Tepat Waktu!

Hasilnya, Shopee Live unggul sebagai platform live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM sepanjang 2023. Keunggulan Shopee Live ini disinyalir didorong oleh inovasi dan manfaat berkelanjutan yang ditawarkan kepada para penggunanya.

Indikator yang digunakan dalam survei tersebut  antara lain adalah:

  • Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind - TOM) dengan persentase 77%, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19%).
  • Sedangkan dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often - BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72%, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26%).
  • Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82%) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang hanya sebesar 18%. 

BACA JUGA:Kejutkan Jagat Medsos! Ini Tanggal Resmi Shopee Cup ASEAN Club Championship 2024/2025

BACA JUGA:AFF Gandeng Shopee Gelar Shopee Cup Asean Club Championship, Turnamen Antarklub Pertama di Asia Tenggara

"Akhir tahun lalu, kami melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru," jelas Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: