PLN Jatim Lakukan Pemeliharaan Jaringan 'Mahabarata' Tanpa Putus Selama Idul Adha 2024

PLN Jatim Lakukan Pemeliharaan Jaringan 'Mahabarata' Tanpa Putus Selama Idul Adha 2024

PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Blitar untuk mengadakan kegiatan Mahabarata menjelang Idul Adha-Media PLN UID Jawa Timur-

BLITAR, HARIAN DISWAY Jelang Hari Raya Idul Adha 1445H, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menggelar kegiatan pemeliharaan tanpa padam bertajuk Mahabarata.

Mahabarata adalah akronim dari Maksimalkan pemeliharaan Borderless Antar Unit Sampai tuntas. Kegiatan pemeliharaan dipusatkan di Blitar yang berlangsung selama 2 hari. 

Yakni pada tanggal 11 hingga 12 Juni 2024. Pemeliharaan ini bertujuan untuk meningkatkan keandalan jaringan dan pasokan listrik di wilayah Blitar.

Total 33 armada kendaraan dan 221 personel dilibatkan dalam kegiatan ini, termasuk Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan), Skylift, Harbas (Pemeliharaan & Rabas), Regu assesment kabel TM 20 kV, dan Pelayanan Teknik.

BACA JUGA:PLN-Komunitas Traccher Konvoi Kendaraan Listrik di Situbondo: Menuju Indonesia Hijau!

Seluruh personel dilengkapi dengan pengawas pekerjaan masing-masing untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan.

"Kegiatan pemeliharaan tanpa padam lintas unit ini secara berkala kami lakukan di berbagai wilayah Jawa Timur dengan harapan seluruh wilayah Jawa Timur semakin andal," papar General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo.

Pekerjaan pemeliharaan jaringan meliputi penggantian material tua jaringan SUTM, penggantian material sambungan panas SUTM, pemasangan peralatan jaringan SUTM rawan petir, pengecekan deteksi kabel SUTM, penggantian material berkarat, perabasan, dan pemotongan pohon maksimal dekat jaringan SUTM.

BACA JUGA:PLN Jatim Jalin Kerjasama dengan Untag Surabaya Percepat Transisi Energi Menuju NZE 2060


PLN melakukan kegiatan Mahabarata untuk menjaga keandalan listrik menjelang Idul Adha-Media PLN UID Jawa Timur-

“Kami juga memastikan keselamatan seluruh personel sebelum melakukan pekerjaan agar sesuai dengan SOP dan aturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)," lanjut Agus Kuswardoyo. 

"Tentunya juga tak henti-hentinya kami mengimbau masyarakat untuk waspada keselamatan ketenagalistrikan dengan melaporkan potensi bahaya pohon atau bangunan yang mengenai jaringan agar dijaga jarak amannya,” pungkasnya.

Tak lupa PLN juga berkoordinasi dengan stakeholder setempat. PLN menggandeng Perwakilan Pemerintah Kota Blitar dan Perwakilan Pemerintah Kabupaten Blitar.

PLN juga ingin memastikan keamanan dengan bersinergi bersama Polres Kota Blitar, Polres Kabupaten Blitar, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kota Blitar, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, dan Badan Penanggulangan Bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: