Subandi, Mas Lin, dan Usman Berebut Rekom PKB Untuk Maju di Pilbup Sidoarjo, Berikut Perbandingan Kekuatan Ketiganya Menurut Pakar

Subandi, Mas Lin, dan Usman Berebut Rekom PKB Untuk Maju di Pilbup Sidoarjo, Berikut Perbandingan Kekuatan Ketiganya Menurut Pakar

Salah satu baliho Subandi yang terpasang di salah satu ruas jalan di Sidoarjo-Michael Fredy Yacob-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Berbagai tokoh mulai bermunculan di publik. Mulai dari Plt Bupati SIDOARJO Subandi, Ketua DPRD SIDOARJO Usman, dan Anggota DPRD Jatim Achmad Amir Aslichin.

Mereka digadang-gadang akan maju dalam pemilihan bupati (Pilbup) Sidoarjo, November 2024.

Ketiga tokoh ini merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Mereka pun mengantongi elektabilitas yang sama-sama tinggi. Lantas siapa yang berpotensi mendapatkan rekom PKB untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sidoarjo?

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdus Salam mengatakan, ketiga calon tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Hanya saja, Subandi dan Achmad Amir Aslichin berpeluang besar mendapatkan rekom partai.

Karena Subandi saat ini adalah petahana. Dari jabatannya saat ini, ketua DPC PKB Sidoarjo itu bisa menarik perhatian pemilih di luar PKB atau Nahdliyin. “Ini akan jadi modal yang kuat,” katanya saat dihubungi, Sabtu 15 Juni 2024.

BACA JUGA: Enam Bacakada Sidoarjo Ikuti UKK di DPP PKB

Tetapi, Mas Iin –sapaan akrab Achmad Amir Aslichin jaringannya pun cukup kuat di pedesaan.

Jaringan itu didapat dari sang Ayah, yakni mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. “Kekuatan pak Saiful Ilah ini masih kuat di pedesaan. Tidak bisa dipandang sebelah mata,” ungkapnya.

Walau dengan masalah hukum yang dialami Saiful Ilah, itu tidak mempengaruhi suara masyarakat menengah ke bawah.

“Kalau menengah ke atas, bisa saja pergi. Tapi kalau menengah ke bawah belum. Mereka juga kemungkinan lupa dengan kasus itu,” terangnya.

Seandainya Mas Iin tidak mendapat rekom PKB, ia berpendapat, Mas Iin bisa saja mendapat rekom dari partai lain. “Kalau melihat power Pak Saiful Ilah hari ini, bisa saja partai lain akan memberikan rekom,” ucapnya.

Ketika kondisi itu terjadi, artinya ada dua calon yang menurut peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) ini sama-sama kuat. Sangat kompetitif. “Tinggal yang dilihat partai-partai ini akan koalisi kemana. Mas Iin atau Subandi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: