Orang Tua Wajib Tanamkan pada Anak Pentingnya Literasi sejak Dini, Bagaimana Caranya?

Orang Tua Wajib Tanamkan pada Anak Pentingnya Literasi sejak Dini, Bagaimana Caranya?

Literasi sangatlah penting diajarkan kepada anak sejak usia dini. Di masa pertumbuhan, anak memerlukan pembelajaran untuk mengasah otak agar anak-anak belajar berlogika dan berpikir kritis. --Pinterest

Alasan Literasi Penting untuk Anak

1. Memperluas pengetahuan dan wawasan

Membaca buku dan sumber informasi lainnya dapat membantu anak untuk belajar tentang banyak hal. Mulai dari ilmu alam, agama, sejarah, hingga budaya. Orang tua juga harus mengetahui apa yang diminati anak-anak.

2. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Literasi yang baik akan membantu anak untuk mengekspresikan diri dengan lebih jelas dan efektif secara lisan maupun tulisan. Inilah yang disebut dengan manfaat literasi yang dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.

BACA JUGA: ”Kitab Kehidupan” dan Semangat Literasi Much Khoiri Melahirkan 185 Buku bersama RVL

3. Memperkuat kreativitas dan imajinasi

Membaca berbagai sumber buku akan mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak. Karena semakin banyak jenis buku yang dibaca, makan akan semakin banyak kosa kata dan tata bahasa yang diperoleh anak.

4. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis

Membaca banyak buku di berbagai sumber bacaan lainnya akan membuat anak memperoleh banyak informasi dan berbagai sudut pandang.

BACA JUGA: Tingkatkan Literasi Jurnal, UWKS Gandeng ULM

Hal ini akan membantu anak untuk berpikir kritis, menganalisis, informasi, dan membentuk opini mereka sendiri. Menanamkan budaya literasi kepada anak membutuhkan waktu dan usaha. Menanamkan budaya literasi pada anak bagaikan menanam benih.

Membutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan dedikasi. Bukan proses instan, namun hasilnya manis di kemudian hari. Orang tua adalah kunci utama. Buatlah suasana membaca nyaman dan pilihlah buku sesuai usia dan minat anak.

Ingat, jangan paksakan. Biarkan anak menjelajahi dunia literasi dengan caranya. Tanamkan rasa cinta membaca kepada anak dan saksikan anak tumbuh menjadi anak yang sukses.

BACA JUGA: Bentengi Diri dengan Kemampuan Literasi untuk Dapatkan Manfaat Digitalisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: