Skotlandia vs Swiss 1-1: Rossocrociati Berterima Kasih kepada Xherdan Shaqiri

Skotlandia vs Swiss 1-1: Rossocrociati Berterima Kasih kepada Xherdan Shaqiri

SKOTLANDIA vs Swiss 1-1: Rossocrociati berterima kasih kepada Xherdan Shaqiri.-Ozan Kose-AFP

HARIAN DISWAY - Matchday terakhir Grup A Euro 2024 bakal sangat seru. Sebab, Skotlandia dan Swiss bakal berlomba untuk menemani tuan rumah Jerman melaju ke babak 16 Besar.

Perlombaan itu dipicu oleh hasil imbang yang diperoleh kedua tim di matchday kedua, Kamis dini hari, 20 Juni 2024 WIB. Dalam pertandingan di RheinEnergieStadion, Koln, mereka berbagi angka 1-1.

Skotlandia membuka skor lewat Scott McTominay pada menit ke-13. Namun penyerang veteran Swiss Sherdan Shaqiri menyamakan kedudukan pada menit ke-26. Tepat 13 menit dari gl McTominay.

BACA JUGA:Kalah 0-2 dari Jerman, Pelatih Hungaria: Wasit Standar Ganda!

Hal itu membuat persaingan di papan tengah Grup A masih terbuka. Saat ini, Swiss memang lebih unggul dengan mendapatkan 4 poin (sebelumnya mereka menang atas Hungaria). Dan Skotlandia 1 poin (sebelumnya mereka kalah oleh Jerman).


SKOTLANDIA vs Swiss 1-1: Rossocrociati berterima kasih kepada Xherdan Shaqiri. Foto: Pemain Skotlandia menyapa fans usai pertandingan. -Javier Soriano-AFP

Kalau Swiss dihantam Jerman dengan skor telak di matchday terakhir, sementara itu Skotlandia menang telak atas Hungaria, mereka bakal sama-sama mengumpulkan 4 poin. Maka siapa yang berhak mendampingi Jerman ke babak 16 Besar bakal ditentukan oleh selisih gol.

Dalam hal ini, Rossocrociati (sebutan Swiss) merasa yakin. Sebab, Skotlandia (dengan selisih gol -4) butuh banyak sekali gol untuk unggul atas mereka (+2). Mereka minimal harus menang 7-0. Padahal, Hungaria jelas tidak semudah itu dikalahkan. Jerman saja kesulitan.

BACA JUGA:Jerman vs Hungaria 2-0: Der Panzer Jadi Tim Pertama yang Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Gol Indah Shaqiri

So, atas hasil imbang itu, pelatih Swiss Murat Yakin sangat berterima kasih kepada gelandang veterannya, Xherdan Shaqiri. Ia disebut sangat jeli menciptakan menghasilkan momentum ajaib yang berbuah gol tunggal Swiss yang berharga.

Swiss tertinggal oleh gol awal Scott McTominay. Namun Shaqiri membawa Rossocrociati menyamakan kedudukan dengan gaya yang menarik.

Mantan penyerang Liverpool itu memanfaatkan backpass Anthony Ralston, dan melepaskan tendangan melengkung ke sudut atas dari tepi kotak penalti. Bisa dibilang, gol Shaqiri Itu adalah salah satu yang tercantik di Euro 2024 sejauh ini.


SKOTLANDIA vs Swiss 1-1: Rossocrociati berterima kasih kepada Xherdan Shaqiri. Foto: Pemain Swiss memeluk Shaqiri setelah golnya.-Javier Soriano-AFP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp