Kenali Diri Sendiri Yuk, Apakah Anda Termasuk Tipe yang Punya Ambisi atau Egois?

Kenali Diri Sendiri Yuk, Apakah Anda Termasuk Tipe yang Punya Ambisi atau Egois?

Kita sering kali dihadapkan dengan dua karakteristik. Yang memiliki peran besar dalam perilaku dan keputusan kita, yaitu ambisi dan egois.--Think Aloud Magazine/Pinterest

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Mengenali diri sendiri adalah langkah awal yang penting dalam mencapai keseimbangan hidup dan pengembangan pribadi. Dalam proses ini, kita sering kali dihadapkan dengan dua karakteristik.

Yang memiliki peran besar dalam perilaku dan keputusan kita, yaitu ambisi dan egois. Meskipun keduanya sering kali disalahartikan atau dicampuradukkan, memahami perbedaan dan ciri-cirinya dapat membantu kita menjadi individu yang lebih baik dan bijaksana.

Ambisi adalah Dorongan untuk Berprestasi

Ambisi adalah keinginan kuat untuk mencapai tujuan tertentu atau meraih prestasi. Seseorang yang ambisius biasanya memiliki visi yang jelas dan tekad yang kuat untuk mencapainya. Berikut beberapa ciri-ciri orang yang ambisius.

BACA JUGA: Mengapa Bulan Juni Diperingati sebagai Bulan Kesehatan Mental Pria?

1. Tujuan yang jelas dan terukur

Mereka menetapkan tujuan yang spesifik dan merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya. Tujuan ini bisa dalam berbagai bidang seperti karier, pendidikan, atau kehidupan pribadi.

2. Kerja keras dan dedikasi

Mereka siap bekerja keras dan mendedikasikan waktu serta energi untuk mencapai tujuan mereka. Kerja keras ini sering disertai dengan disiplin dan komitmen yang tinggi.

3. Proaktif dan inisiatif

Orang yang ambisius tidak menunggu kesempatan datang, mereka menciptakan kesempatan sendiri. Mereka sering mengambil inisiatif dan tidak takut mengambil risiko yang diperhitungkan.

BACA JUGA: 5 Penyebab Gangguan Mental dan Cara Mengatasinya

4. Motivasi internal

Ambisi biasanya didorong oleh motivasi internal seperti kepuasan pribadi dan pencapaian diri, bukan semata-mata untuk mendapatkan pengakuan atau pujian dari orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: