Georgia Cetak Sejarah Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Kvaratskhelia: Hari Terindah Bagi Seluruh Negeri!

Georgia Cetak Sejarah Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Kvaratskhelia: Hari Terindah Bagi Seluruh Negeri!

GEORGIA Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Khvicha Kvaratskhelia: Hari terindah bagi seluruh negeri.-Friedemann Vogel-EPA via Guardian

HARIAN DISWAY - Georgia membuat kejutan besar dengan lolos ke babak 16 Besar Euro 2024. Padahal, ini adalah kali pertama negeri di Eropa Tengah tersebut berpartisipasi dalam kejuaraan Piala Eropa.

Debutan yang satu itu lolos setelah secara mengejutkan mengalahkan Portugal 2-0 pada matchday terakhir Grup F. Mengumpulkan 4 poin, Georgia berhasil melaju ke babak knockout sebagai salah satu peringkat 3 terbaik.

Dua gol Georgia diciptakan oleh bintang Napoli Khvicha Kvaratskhelia. Plus penalti Georges Mikautadze di babak kedua.

BACA JUGA:Kejutan Hebat! Georgia Pukul Portugal 2-0, Debutan Melaju ke 16 Besar Euro 2024 Berkat Mentalitas Ini

Khvicha Kvaratskhelia mengatakan, membantu membawa Georgia ke babak 16 besar turnamen major pertama mereka, mematahkan segala prediksi dan kemungkinan, merupakan "Hari terbaik dalam hidup warga Georgia".


KEJUTAN! Georgia pukul Portugal 2-0, melaju ke 16 Besar Euro 2024. Foto: Khvicha Kvaratskhelia jadi pahlawan Georgia dengan gol pertamanya.-Ina Fassbender -AFP

Bagaimana tidak? Mereka adalah timnas dengan peringkat FIFA terendah yang ikut Euro 2024, yakni 74. Sejak berpartisipasi dalam ajang internasional pada 1990, baru sekali ini mereka lolos ke ajang turnamen mayor.

Sebelumnya, jangankan lolos ke putaran final. Di kualifikasi saja jadi bulan-bulanan. Portugal, di sisi lain, berjarak 68 level di atas mereka. Selecao (sebutan Portugal), adalah juara Euro edisi 2016. Mereka jauh lebih matang dan berpengalaman.

Apalagi, di Portugal ada Cristiano Ronaldo. Yang memburu rekor sebagai pencetak gol tertua di Euro. Usianya sudah 39 tahun. Tapi mantan bintang Real Madrid itu masih tangguh dan trengginas.'

BACA JUGA:Link Live Streaming Portugal vs Georgia: Mungkinkah Selecao Raup Skor Sempurna?

BACA JUGA:Preview Georgia vs Portugal: Cristiano Ronaldo Tetap Main Meski Selecao Sudah Lolos, Ini Alasannya

Faktanya, Kvaratskhelia membuat seluruh fans Portugal terdiam. Ketika tendangan mendatarnya ketika laga baru berjalan 92 detik, tak dapat dibendung kiper Portugal Diogo Costa. Skor sudah 1-0 buat Georgia di menit kedua!

"Ini adalah hari terbaik dalam kehidupan warga Georgia," kata Kvaratskhelia kepada Guardian.

"Kami baru saja membuat sejarah. Tak seorang pun akan percaya apa yang telah terjadi, bahwa kami akan mengalahkan Portugal. Namun inilah mengapa kami bisa mengklaim sebagai tim yang kuat. Kami saling menyemangati dan saling meyakinkan bahwa kami bisa melakukan itu," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Guardian