Naik Haji Bersama Mabruro (23): Usai Tawaf Wada’ Lanjut Naik Haramain Express ke Madinah

Naik Haji Bersama Mabruro (23): Usai Tawaf Wada’ Lanjut Naik Haramain Express ke Madinah

Rombongan jamaah haji khusus Mabruro seusai mengambil miqat di Masjid Tanim beberapa waktu lalu-Mabruro for Harian Disway-

Tak terasa sudah lebih dari 20 hari para jamaah haji khusus Mabruro Tour & Travel melaksanakan serangkaian ibadah haji. Hari ini hari terakhir mereka di Kota Makkah. Rombongan bakal diajak menunaikan tawaf wada’ dan melanjutkan perjalanan berikutnya ke Kota Madinah.

----

Ada perasaan yang campur aduk bagi jamaah khusus Mabruro hari ini. Antara sedih, haru, dan bahagia. Mereka bakal melaksanakan tawaf wada’ alias tawaf perpisahan dengan Baitullah.

Tentu haru dan bahagia lantaran meninggalkan Kota Makkah berarti sudah tuntas seluruh rangkaian ibadah haji. Namun, sedih karena pasti Kota Makkah menyisakan kerinduan yang mendalam. Mereka berharap bisa mendapat panggilan untuk ibadah haji lagi.

Tadi malam, mereka menunaikan tawaf sunah. Tepat selepas salat isya’ berjamaah pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Bila tak terlalu ramai, para jamaah berkesempatan memanjatkan doa sambil menempel ke dinding Kakbah.

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (22): Umrah Sunah Ketiga, Lansia Pakai Golf Cart saat Tawaf dan Sai

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (21): Ngalap Berkah ke Jabal Nur hingga Jabal Rahmah

“Kami usahakan, semoga kondisinya mendukung nanti,” jelas Pembimbing Ibadah Haji Khusus Mabruro Tour & Travel KH Mochamad Misbach saat dihubungi, Rabu malam, 26 Juni 2024. 

Momen tawaf sunah ini sangat berarti. Karena memang menjadi tawaf sunah yang dilaksanakan kali terakhir.

Setelah itu, rombongan harus langsung kembali ke hotel untuk istirahat. Menyiapkan diri. Sebab selepas salat subuh sudah harus bergegas. Yakni kembali ke Baitullah untuk menunaikan tawaf wada’.

“Tawaf wada’ ini semacam penghormatan ke Kakbah dan Kota Makkah. Ibaratnya mau pamit, sudah tinggal lama di sini dan mau pulang masa’ nggak pamit,” seloroh Misbach. Hukum tawaf wada’ memang cukup variatif. Ada yang mengatakan sunah muakad hingga wajib.


Keakraban para jamaah haji khusus Mabruro dengan Direktur Mabruro Firda Lailia (dua dari kanan) dan pembimibing ibadah haji khusus KH Mochamad Misbach (paling kanan)-Mabruro for Harian Disway-

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (20): Cuaca Panas, Tetap Semangat Badalkan Umrah

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (19): Ziarah, Belanja Parfum, dan Naik Kereta Gantung di Kota Thaif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: