Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 Hijriah Serta Keutamaannya

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 Hijriah Serta Keutamaannya

Bacaan doa akhir dan awal tahun Hijriah serta keutamaannya. --Freepik

BACA JUGA:Keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh Setelah Hari Tasyrik, Lakukan di Tanggal Ini

BACA JUGA:4 Keutamaan Puasa Syawal, Setara dengan Berpuasa Selama 1 Tahun

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Hijriah

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

BACA JUGA:Mengajari Anak Untuk Berpuasa Tanpa Paksaan

Keutamaan Baca Doa Saat Akhir dan Awal Tahun Hijriah


Keutamaan baca doa di akhir dan awal tahun hijriah. --

Membaca doa akhir dan awal tahun baru Hijriah merupakan tradisi yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan memiliki banyak keutamaan. Berikut di antaranya:

1. Mendapatkan Ampunan Allah SWT

Doa akhir tahun Hijriah berisi permohonan ampunan atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat selama setahun yang lalu. Dengan membaca doa ini, diharapkan Allah SWT berkenan mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan kesempatan untuk memulai tahun baru dengan hati yang bersih dan penuh semangat.

2. Mendapatkan Rahmat dan Berkah Allah SWT

Doa awal tahun Hijriah berisi permohonan rahmat dan berkah Allah SWT untuk tahun yang akan datang. Dengan membaca doa ini, diharapkan Allah SWT memberikan limpahan rahmat dan berkah kepada kita, sehingga kita dapat menjalani tahun baru dengan penuh keberkahan dan kesuksesan.

BACA JUGA:Lakukan 7 Amalan Ini untuk Meraih Keberkahan di 10 Hari Pertama Zulhijah

3. Dihindarkan dari Fitnah dan Godaan Setan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber