Bikin Ngantuk, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sarapan Pagi

Bikin Ngantuk, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sarapan Pagi

5 makanan yang wajib Anda hindari! Sebabkan kantuk di pagi hari. Foto: Mengonsumsi nasi dan makanan berminyak yang berlebihan saat di pagi hari dapat menyebabkan mengantuk. --Pinterest

HARIAN DISWAY – Apakah Anda pernah merasa mengantuk di pagi hari setelah sarapan? Hal itu biasanya disebabkan oleh beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi. 

Makanan tersebut memiliki kandungan yang memengaruhi kadar gula darah dan hormon dalam tubuh, sehingga membuat Anda merasa lemas dan mengantuk. Untuk itu, Anda bisa mencegahnya dengan menghindari beberapa makanan. 

Berikut ini 5 makanan yang wajib Anda hindari agar tidak mengantuk di pagi hari:

BACA JUGA:3 Menu Sarapan Rendah Kalori, Bisa Bikin Sendiri

1. Roti Putih dan Nasi Putih

Roti putih dan nasi putih adalah sumber karbohidrat olahan yang tinggi. Karbohidrat olahan itu cepat dicerna oleh tubuh, sehingga menyebabkan lonjakan gula darah yang diikuti dengan penurunan gula darah secara drastis. 

Penurunan gula darah ini dapat membuat Anda merasa lemas dan mengantuk. Jika saat sarapan Anda mengonsumsi roti putih dan nasi putih terlalu banyak, maka setelah makan pasti akan merasa mengantuk.

Maka hindari mengonsumsi roti putih dan nasi putih terlalu banyak saat sarapan.

BACA JUGA:Tidak Sarapan Sebelum Ke Sekolah, Kasus Obesitas Pada Anak Terus Meningkat


Bikin Ngantuk, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sarapan Pagi. Susu mengandung asam amino bernama triptofan yang dapat merangsang produksi serotonin di otak.-freepik-freepik.com

2. Susu

Meskipun tinggi akan nutrisi seperti kalsium dan protein, susu mengandung asam amino bernama triptofan yang dapat merangsang produksi serotonin di otak. 

Serotonin dapat membuat Anda merasa rileks dan mengantuk. Maka, jika Anda merasa sering mengantuk setelah sarapan dengan susu, mungkin lebih baik mencoba alternatif minuman lain. Seperti jus buah segar atau air putih untuk memulai hari Anda tanpa merasa lesu.

BACA JUGA:Kata Gen-Z di Puncak Resepsi 1 Abad NU: Sarapan, Ngopi, hingga Tempat Istirahat Disediakan Warga Ndarjo

3. Pisang

Pisang, meskipun diketahui kaya akan nutrisi dan sering menjadi pilihan sarapan yang sehat, dapat memicu rasa mengantuk. Kandungan tinggi serotonin dan triptofan dalam pisang dapat membuat tubuh merasa rileks. 

Sebaiknya, jika Anda sering merasa mengantuk di pagi hari, kurangi konsumsi pisang atau gantilah dengan buah lain yang lebih rendah kandungan triptofannya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan dari Susu Kedelai yang Sehat


Bikin Ngantuk, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sarapan Pagi. Proses pencernaan telur yang membutuhkan waktu lama dan bisa membebani sistem pencernaan. Sehingga dapat menyebabkan kantuk.-azerbaijan_stockers-freepik.com

4. Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik. Tetapi konsumsi berlebihan di pagi hari bisa membuat Anda merasa mengantuk. Hal itu disebabkan oleh proses pencernaan telur yang membutuhkan waktu lama dan bisa membebani sistem pencernaan Anda di pagi hari. 

Sebagai alternatif, cobalah membatasi jumlah telur yang dikonsumsi atau padukan dengan pilihan makanan lain yang lebih ringan.

BACA JUGA:Awas, Makanan Cepat Saji Tingkatkan Risiko Kematian Akibat Pernapasan Kronis

5. Makanan Tinggi Lemak

Lemak jenuh yang tinggi dalam makanan tinggi lemak seperti gorengan dan fast food dapat membuat pencernaan lambat, sehingga menyebabkan penurunan energi dan rasa mengantuk

Anda dapat memilih opsi sarapan yang lebih rendah lemak untuk menjaga energi Anda tetap stabil sepanjang hari. Memperhatikan pilihan sarapan Anda sangat diperlukan agar tidak mengganggu aktivitas di pagi hari.

Dengan demikian Anda dapat mengurangi kemungkinan merasa mengantuk dan memulai hari dengan semangat yang lebih baik. (*)

 

Artikel ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: