Rahasia Kelola Uang Para Jutawan, Trik Praktis Mengatur Keuangan

Rahasia Kelola Uang Para Jutawan, Trik Praktis Mengatur Keuangan

Mengelola uang dengan bijak merupakan kunci untuk meningkatkan kekayaan. -Pinterest-

Dengan adanya dana darurat, Anda tidak perlu mengorbankan investasi atau mengambil utang berbunga tinggi ketika menghadapi situasi darurat.

Pastikan dana darurat ditempatkan di rekening yang mudah diakses. Namun, tetap memberikan bunga. Seperti rekening tabungan atau deposito berjangka pendek.

BACA JUGA:BNPB Salurkan Dana Darurat Rp 2,25 M Untuk Penanganan Darurat Gunung Ruang

3. Hindari Utang Berlebihan

Utang bisa menjadi beban keuangan yang besar. Hindari berutang untuk hal-hal yang tidak penting dan lunasi utang Anda sesegera mungkin.

Jika Anda memiliki utang berbunga tinggi, pertimbangkan untuk melakukan konsolidasi atau refinancing untuk mendapatkan suku bunga yang lebih rendah.

BACA JUGA:Jokowi Sebut 3 Ketakutan Terbesar Negara-Negara di Dunia Saat Ini, Mulai Perang Sampai Bunga Hutang Luar Negeri

4. Belanjakan dengan Bijak

Belanjakan uang Anda dengan bijak dan hindari pembelian impulsif. Buatlah daftar belanja sebelum pergi berbelanja dan patuhi anggaran Anda.

Pertimbangkan untuk membeli barang bekas atau mencari penawaran dan diskon.


Rahasia Kelola Uang Para Jutawan, Trik Praktis Mengatur Keuangan. Konsisten menabung setiap bulan adalah kunci untuk mencapai kestabilan finansial.-freepik-freepik.com

5. Menabung secara Konsisten

Menabung adalah langkah dasar dalam mengelola keuangan agar berkembang. Disiplin menabung setiap bulan dapat membantu Anda mencapai berbagai tujuan keuangan. Seperti dana pensiun, dana pendidikan anak, atau liburan.

Tentukan jumlah uang yang ingin disisihkan setiap bulan. Jika memungkinkan, atur otomatisasi. Banyak bank menyediakan fitur tabungan otomatis yang memindahkan sejumlah uang dari rekening utama ke rekening tabungan secara otomatis setiap bulan.

Dengan cara itu, Anda bisa menabung secara konsisten tanpa harus terus-menerus mengingatkan diri sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: