Cheng Yu Pilihan Bupati Kendal Dico M. Ganinduto: Feng Nian Yu Huang Nian Gu

Cheng Yu Pilihan Bupati Kendal Dico M. Ganinduto: Feng Nian Yu Huang Nian Gu

Cheng yu pilihan Bupati Kendal Dico M. Ganinduto: feng nian yu huang nian gu. -tim desain grafis Harian Disway-dokumen pribadi

HARIAN DISWAY - Prinsip hidup yang dipegang teguh Bupati Kendal Dico M. Ganinduto ialah sabda Rasulullah yang Anda semua sudah hafal artinya: "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia."

Tentu, banyak jalan yang bisa kita tempuh untuk menjadi manusia yang membawa manfaat buat sesama. Ada yang lewat jalan politik seperti Dico; ada yang lewat jalan pendidikan; ada yang lewat jalan pertanian; ada yang lewat jalan kesehatan; ada yang lewat jalan bisnis; ada yang lewat jalan jurnalistik ... dan seterusnya.

Yang pasti, apa pun jalan yang kita pilih, tetap akan memiliki kebermanfaatannya sendiri-sendiri. Karena itu, tak perlu memaksakan diri untuk menyamai jalan pemberian manfaat yang dipilih orang lain.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Dosen Filsafat Hukum di Fakultas Hukum Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta Antonius M. Laot Kian: Juan Tu Chong Lai

Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kesempatan kita masing-masing. Kata salah satu ungkapan Tiongkok, "Kau lewat jalan lapang, aku lewat titian" (你走你的阳关道, 我走我的独木桥 nǐ zǒu nǐ de yáng guān dào, wǒ zǒu wǒ de dú mù qiáo). 

Misalnya, ketika belum mampu mendermakan uang kepada teman yang kesusahan sebab kita sendiri sedang membutuhkan, kita mungkin bisa membantu meringankan bebannya dengan menyisihkan waktu untuk mendengarkan keluh kesahnya.

Memang terkesan sepele. Namun, kadang-kadang, motivasi kita kepada orang lain justru bisa mengobarkan kembali semangat mereka dan mengurungkan niat mereka untuk menyerah pada takdir. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Arsitek Asal Semarang Natalia Gouw: Yi Shen Zuo Ze

Ya, Anda mungkin pernah menghadapi situasi di mana bantuan Anda disepelekan atau bahkan tidak dihargai sama sekali. Tak masalah. Dalam filsafat stoikisme, bagaimana orang lain memberikan penilaian terhadap kita, terkategorikan dalam hal-hal yang berada di luar kendali/kekuasaan kita (outside our power).

Kita akan pusing sendiri kalau menggalaukan sesuatu yang pada dasarnya memang tidak bisa kita kendalikan. Untuk itu, supaya menjadi manusia yang bahagia, yang perlu kita maksimalkan adalah apa yang berada dalam kendali/kekusaan kita (within our power).

Di mana di antaranya, ialah "丰年玉荒年谷" (fēng nián yù huāng nián gǔ): menjadi orang yang membawa manfaat bagi sesama dalam segala situasi dan kondisi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: