Ambisi Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Pertama untuk Angkat Besi

Ambisi Rizki Juniansyah Sumbang Emas Olimpiade Pertama untuk Angkat Besi

Rizki Juniansyah ungkap target di Olimpiade Paris 2024 dalam Pengukuhan Kontingen Indonesia pada Rabu, 10 Juli 2024-Ragil Putri Irmalia-

JAKARTA, HARIAN DISWAYRizki Juniansyah mengungkap target untuk Olimpiade Paris 2024.

Ia berambisi menjadi lifter pertama Indonesia yang meraih emas di Olimpiade. 

“Ini menjadi tekad saya ingin membuat sejarah untuk Indonesia untuk meraih emas pertama di Olimpiade,” kata Rizki usai Pengukuhan Kontingen Indonesia pada Rabu, 11 Juli 2024 di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Angkat besi menjadi salah satu dari tiga cabor penyumbang medali di Olimpiade.

Sejak partisipasi pertama mereka pada tahun 1952, angkat besi mencatat tujuh perak dan delapan perunggu.


Rizki Juniansyah saat tampil di IWF World Cup 2024 dan meraih total angkatan 365 kg yang membuatnya berhak lolos ke Olimpiade-IWF-

Satu-satunya emas masih disumbangkan melalui bulu tangkis.

BACA JUGA:Menuju Olimpiade Paris 2024: Bulu Tangkis, Panjat Tebing dan Angkat Besi Jadi Tumpuan, Menpora Berharap Kenaikan Peringkat!

BACA JUGA:Pahlawan Muda (2): Rahmat Erwin Abdullah Kebanggan Baru Dunia Angkat Besi

Cabor tepok bulu itu mengumpulkan 8 emas, 6 perak, dan 7 perunggu. Sisanya adalah panahan dengan satu perak pada tahun 1988.

Di sisi lain, Rizki mengaku deg-degan menghadapi Olimpiade pertamanya.

Rizki lolos secara dramatis mewakili kelas 73 kg. Ia menyingkirkan kompatriotnya, Rahmat Erwin Abdullah, di IWF World Cup 2024.

“Agak nervous karena belum punya pengalaman bermain di Olimpiade. Baru di Kejuaraan Dunia. Saya pikir tidak terlalu berbeda dengan kejuaraan lain. Hanya panggung Olimpiade lebih wah,” kata lifter berusia 21 tahun itu.

“Kakak ipar saya, Triyatno, sudah pernah bermain di Olimpiade, di mess ada senior Mas Eko (Yuli Irawan) juga. Saya dapat pengalaman (dari mereka) soal seperti apa (Olimpiade). Semoga saya bisa menjaganya nanti,” lanjut Rizki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: