Persiapan Finalis Koko Cici Jatim 2024 dari Public Speaking, Bahasa Mandarin, hingga Catwalk Makin Mantap

Persiapan Finalis Koko Cici Jatim 2024 dari Public Speaking, Bahasa Mandarin, hingga Catwalk Makin Mantap

Pelatihan salam ala koko dan cci di Empire Palace Surabaya. Tampak para finalis mencoba mengompakkan gerakan. -Mohammad Nurwahyudi-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Semakin matang. Itulah yang terlihat dari persiapan para finalis Koko Cici (Koci) Jawa Timur 2024. Mereka berlatih di ballroom Empire Palace Surabaya. Berbagai kelas dijalani.

Dari public speaking, bahasa Mandarin, hingga catwalk. Ada banyak hal baru dalam gelaran tahun ini. Memang, dalam masa karantina, para finalis Koci Jatim 2024 dibekali dengan berbagai wawasan untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Dua di antaranya adalah kelas public speaking dan bahasa Mandarin yang dilaksanakan pada Jumat, 12 Juli 2024. Sesi pertama diawali dengan kelas public speaking. Pematerinya adalah Piniela Sutandi, Cici Jawa Timur 2021 sekaligus influencer.

BACA JUGA: Bersama House of Lea, 10 Finalis Koko Cici Jawa Timur 2024 Belajar Dandan Standar Menuju Grand Final

Kelas tersebut fokus pada public speaking on the stage. Para finalis dilatih praktik secara langsung untuk mempersiapkan grand final pada 14 Juli 2024. Hal itu bertujuan agar para finalis memahami teknik berbicara on stage.

Berbicara di atas panggung, di depan khalayak. Berbicara saat on stage perlu memperhatikan teknik eye contact, mendekatkan diri ke penonton, serta cara menyampaikan sesuatu yang memiliki makna dan poin dalam waktu singkat,” ujar Piniela.
Dua finalis Koko Cici Jatim 2024 tengah mempraktikkan public speaking di depan finalis lainnya dan panitia. -Mohammad Nurwahyudi-HARIAN DISWAY

Kelas public speaking Koci Jatim itu diberikan dalam bentuk challenge. Para finalis diajak mengolah beberapa kata menjadi sebuah kalimat dalam waktu 1 menit 30 detik. Mereka diberikan 6 kata, kemudian dirangkai dan dibahas di depan para finalis.

BACA JUGA: Final Project Koko Cici Jawa Timur 2024, Beri Workshop Marketing Tour Guiding di Kampung Kue

Dalam sesi kedua, finalis diberikan kelas bahasa Mandarin oleh Peng Shengguang, pengajar dari Tiongkok yang didatangkan Indonesia Tionghoa Cultural Center (ITCC). Dia membekali pengetahuan dasar tentang bahasa dan budaya Tionghoa yang merupakan salah satu fokus utama Koci.

Kelas bahasa Mandarin itu diawali dengan memberikan ucapan salam khas Koci Jatim yang dipimpin oleh Koko Christopher Giovanni Satrio. Dilanjutkan dengan materi tentang kata-kata basic yang biasa dipakai sehari-hari dalam percakapan Mandarin.
Cici Piniela Sutandi dan Cici Natania Kezia sedang menilai finalis Koko Cici Jatim 2024 yang tampil di depan. -Mohammad Nurwahyudi-HARIAN DISWAY

Seperti Ni jiao shenme mingzi (siapa namamu), Jinnian ji sui/Jinnian su (berapa usiamu), Ni meng jian shei (kamu memimpikan siapa), dan lain-lain. Selain itu, mereka dibekali pengetahuan tentang beberapa kebudayaan Tiongkok.

BACA JUGA: Grand Final Semakin Dekat, Finalis Koko Cici Jawa Timur 2024 Perkuat Mars Koci

Seperti fengsu zhongyi, wushu, fengshui, chadao, dan guqin. "Bahasa yang harus dipelajari itu ada sekitar tiga puluh ribu. Tapi bahasa yang dipakai sehari-hari ada sekitar lima. Bahasa-bahasa tersebut merupakan bahasa basic yang harus dipelajari," ujar Peng.

Selanjutnya, mereka dibekali materi catwalk oleh Dandelion Beauty Academy. Instrukturnya ada dua. Yakni Malvin Velia dan Regina Widya. Satu per satu finalis koko dan cici praktik cara berjalan di atas panggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: