Musim Bediding, Ini 7 Tip Jitu Menjaga Kesehatan Tubuh

Musim Bediding, Ini 7 Tip Jitu Menjaga Kesehatan Tubuh

Perubahan cuaca yang tidak menentu ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. -Elang Hitam-Pinterest

HARIAN DISWAY – Beberapa minggu ini pasti Anda merasakan dingin. Terutama pada waktu malam sampai pagi. Padahal, saat ini masih musim kemarau.

Fenomena itu kerap disebut "bediding". Perubahan cuaca yang tidak menentu yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda, oleh karena itu sangat penting selalu merawat kondisi tubuh agar tetap dalam keadaan prima.

BACA JUGA:Musim Panas Masih Berlanjut, Ini 6 Tip Jitu Mengatasi Kulit Belang Akibat Paparan Sinar Matahari

Bagaimana caranya? Berikut 7 tip jitu yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh di musim bediding:


Musim Bediding, Ini 7 Tip Jitu Menjaga Kesehatan Tubuh. Musim bediding menyebabkan kulit menjadi cepat kering. -senju.pages.dev-Pinterest

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air butuh yang cukup adalah kunci utama menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Apalagi di musim bediding seperti ini. Pastikan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari, atau lebih banyak jika Anda beraktivitas di luar ruangan.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Di musim bediding seperti ini, tubuh memerlukan asupan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Bertujuan agar tubuh memiliki sistem pertahanan atau imun yang kuat.

BACA JUGA:Eh Ternyata Minum Teh Dicampur Susu Tak Baik untuk Kesehatan

Pun, Anda harus mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan protein. Serta hindari makanan olahan, gorengan, dan makanan manis yang berlebihan.


Musim Bediding, Ini 7 Tip Jitu Menjaga Kesehatan Tubuh. Saat musim bediding perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan protein. -wfla.com-Pinterest

3. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Pastikan bahwa Anda memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu 7-8 jam per malam untuk membantu tubuh memulihkan diri dan meningkatkan daya tahan tubuh.

BACA JUGA:Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

4. Olahraga Secara Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan organ jantung dan paru-paru, serta mempercepat proses metabolisme tubuh.

Disarankan untuk berolahraga setiap hari setidaknya selama 30 menit saat pagi hari. Seperti berjalan kaki, lari pagi, bersepeda, atau berenang.

BACA JUGA:Musim Kemarau Tapi Masih Turun Hujan? Ini Penjelasan BMKG

5. Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri sangat penting untuk mencegah penyakit, terutama saat musim bediding

Jagalah kebersihan dengan mandi secara teratur. Yaitu 2 kali dalam sehari, sering mencuci cuci tangan dengan sabun, dan hindari menyentuh mata, hidung, serta mulut bila tangan Anda sedang kotor.

BACA JUGA:10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Mulai Dari Bakar Kalori Hingga Atasi Diabetes


Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat berada di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. -beautynesia.id-Pinterest

6. Lindungi Diri dari Paparan Sinar Matahari

Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat berada di luar ruangan. Gunanya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. 

Gunakan juga topi, kacamata hitam, dan pakaian yang menutupi kulit untuk perlindungan ekstra. 

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Kelor dalam Kesehatan

7. Mengonsumsi Vitamin C

Konsumsi vitamin C setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas, serta menjaga kesehatan tubuh. Karena pada musim bediding ini, imun sangat rentan diserang oleh kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh Anda.

Yuk, terapkan 7 tip jitu di atas untuk menjaga kesehatan Anda agar terhindar dari berbagai penyakit saat musim bediding. Ingatlah untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih. Agar tubuh tetap prima di segala cuaca. (*)

Artikel ini ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: