Healing Dosen FISIP, Universitas Airlangga, ke Bali 19–21 Juli 2024 (1): Sejenak Melepas Penat dan Merawat Kebersamaan

Healing Dosen FISIP, Universitas Airlangga, ke Bali 19–21 Juli 2024 (1): Sejenak Melepas Penat dan Merawat Kebersamaan

ROMBONGAN dosen dan tenaga kependidikan FISIP Unair tiba di Bali untuk healing melepas penat.-Bagong Suyanto untuk HARIAN DISWAY-

SEBANYAK 91 dosen FISIP, Universitas Airlangga, Jumat, 19 Juli 2024, berangkat ke Bali. Acaranya bertajuk FISIP Universitas Airlangga Goes to Bali. Itu adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan Universitas Airlangga

Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada para dosen dan tenaga kependidikan untuk jeda sejenak, membebaskan diri dari tekanan pekerjaan sehari-hari dengan cara melakukan perjalanan rekreasi yang menyenangkan bersama kolega.

Berbeda dengan tahun lalu –yakni, seluruh dosen dan tenaga kependidikan FISIP Unair healing ke Singapura dan Malaysia– tahun 2024 ini acara healing diselenggarakan di Bali. Sengaja dipilih Pulau Dewata sebagai daerah tujuan healing untuk mengeksplorasi kekayaan alam dan budaya nasional yang membanggakan kita. Bali adalah daerah tujuan wisata yang tak kalah dengan daerah tujuan wisata di luar negeri.

BACA JUGA: Puluhan Dosen FISIP Unair Healing ke Luar Negeri, Merevitalisasi Batin dan Semangat Kerja

Pada 2023, Bali kembali mendapat penghargaan tingkat dunia dan kali ini situs perjalanan TripAdvisor melalui penghargaan tahunannya, Travelers Choice Award for Destinations, telah menobatkan Pulau Dewata sebagai destinasi terpopuler kedua di dunia –mengungguli London di posisi ketiga dan Paris di kelima. 

Dalam kondisi perekonomian nasional yang sedang tidak baik-baik saja, pilihan Bali sebagai daerah tujuan healing adalah salah satu bentuk kepedulian FISIP, Universitas Airlangga, untuk membantu menggerakkan aktivitas ekonomi nasional. 

PUJA MANDALA

Hari pertama acara healing dimulai tanggal 19 Juli 2024. Kami berkumpul di Bandara Juanda pukul 07.00 WIB untuk membereskan boarding dan bagasi. Pukul 09.10 WIB pesawat kami berangkat meninggalkan Surabaya menuju Bali. Tiba di Bali pukul 11.00 Wita.

BACA JUGA: Herzlich Willkommen! BEM FISIP Unair Kenalkan Rombongan Mahasiswa Jerman Sejarah dan Budaya Surabaya 

Kegiatan pertama yang dilakukan rombongan dosen FISIP Universitas Airlangga adalah melaksanakan ibadah salat Jumat di Puja Mandala –sebuah kawasan tempat ibadah yang populer dikunjungi para wisatawan. Di kawasan yang terletak di daerah Nusa Dua itu, ada lima tempat ibadah yang saling berdekatan. Yakni, masjid, pura, gereja Kristen Katolik, Kristen Protestan, dan kelenteng.

Kawasan Puja Mandala adalah refleksi dari kehidupan multikultural bangsa Indonesia. Di kawasan itu semua umat beragama saling bertoleransi dan beribadah secara berdampingan tanpa saling terganggu. 

Sebagian wisatawan mancanegara berkunjung dan berdoa di gereja atau kelenteng. Di hari Jumat itu, suasana masjid terlihat paling ramai dikunjungi para wisatawan muslim yang melaksanakan ibadah salat Jumat. 

BACA JUGA: Kritik Jokowi: GmnI FISIP Unair Serukan Gerakan Tutup Sebelah Mata

Salat Jumat berlangsung khusyuk. Tema khotbah yang diunggah kebetulan sesuai dengan para wisatawan, yakni Hikmah Berwisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: