Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Trenggalek Sulit Cari yang Terbaik

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Trenggalek Sulit Cari yang Terbaik

Juri seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Kabupaten Trenggalek melihat inovasi desa.-Binmas Polres Trenggalek-

HARIAN DISWAY - Tim juri seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 wilayah Kabupaten Trenggalek kesulitan mencari lima tim tiga pilar tingkat desa. Tidak mudah menemukan Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan bagus sekaligus.

Padahal di Kabupaten Trenggalek ada 14 kecamatan dengan 5 kelurahan dan 152 desa.  “Memang sulit memilih tim dari Trenggalek. Ini karena mencari tiga sosok yang sama-sama aktif cukup sulit. Ada yang satu unsurnya aktif, tapi unsur lain kurang aktif,” terang Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Rohmad Hudi yang ditunjuk sebagai ketua tim penjurian lapangan tingkat kabupaten/kota.

Selama penjurian, Rohmad dibantu juri lain dari Kodim Trenggalek Lettu (Inf) Moh Anwar Idris dan Pemkab Trenggalek Bayu Kurniawan. Tiga ini lah yang menggelar penjurian dan penilaian lapangan di sela-sela tugas rutin mereka di instansi masing-masing.


Tim juri Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 wilayah Kabupaten Trenggalek meninjau salah satu inovasi desa.-Binmas Polres Trenggalek-

Tim seleksi lapangan tingkat kabupaten/kota ini dibentuk oleh forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda). Yaitu Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranudikarta, Dandim Trenggalek Letkol (Czi) Yudo Aji Susanto, dan Bupati H Mochamad Nur Arifin.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sambang Desa dan Penjurian di Kabupaten Blitar

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Mental Juara, Gresik Kirim Para Juara

Pun demikian, Rohmad tetap semangat menyeleksi desa/kelurahan berdasar tujuh aspek penilaian penjurian. Yaitu Pembinaan territorial aparat komando kewilayanan (pertahanan), Harkamtibmas, Pembangunan dan Pelayanan Publik, Sinergitas antar lembaga, partisipasi masyarakat, komunikasi publik dan pemanfaatan media, dan implementasi program nasional/provinsi. Mereka tetap akan menentukan luma tiga pilar tingkat desa/kelurahan terbaik.

Selanjutnya, lima tim dari Kabupaten Trenggalek ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ngawi Pilah Desa yang Dipilih

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tanpa Kesulitan, Jember Tentukan 5 Desa/Kelurahan Terbaik

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

20 besar tim tiga pilar ini kemudian akan dilakukan penjurian lapangan yang juga melibatkan dua akademisi dari perguruan tinggi tersebut. Tim ini juga akan disupervisi oleh Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jawa Timur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: