Pemerintah Ingin Elon Musk Dapatkan Golden Visa seperti Shin Tae-yong

Pemerintah Ingin Elon Musk Dapatkan Golden Visa seperti Shin Tae-yong

Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan fasilitas Golden Visa Indonesia pada Kamis, 25 Juli 2024, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.-Setpres/Vico-

HARIAN DISWAY - Tak cuma Shin Tae-yong yang diberi golden visa. Tetapi, Presiden Jokowi juga memberikannya kepada CEO ChatGPT Sam Altman dan President Director Boeing Indonesia Dave Calhoun.

Saat ini, setidaknya sudah tercatat 300 warga negara asing (WNA) yang resmi mendapat golden visa dari pemerintah Indonesia dalam masa percobaan. Dari penerbitan golden visa untuk 300 orang itu, investasi yang masuk mencapai Rp 2 triliun.

Tentu saja tidak sembarang WNA yang bisa mendapatkannya. Ada syarat khusus. Yakni diperuntukkan bagi WNA yang dinilai bisa memberikan manfaat besar bagi perekonomian Indonesia.

BACA JUGA:Golden Visa Diluncurkan: Jokowi Targetkan Indonesia Sebagai Magnet Investasi Asing

BACA JUGA:Jokowi Serahkan Golden Visa Perdana ke Shin-Tae yong

Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham RI Silmy Karim mengatakan bahwa targetnya akan ditingkatkan menjadi 1.000 WNA sepanjang tahun ini. Yang jelas, golden visa hanya diberikan kepada para WNA yang punya kualitas.

Kemenkumham RI sedang mendaftar para tokoh-tokoh dunia yang berpeluang mendapatkan golden visa. Sekaligus menggelar sosialisasi fasilitas tersebut agar semakin banyak WNA berkualitas yang berminat. 

Salah satu targetnya, kata Silmy, adalah CEO Tesla Elon Musk yang dianggap punya fleksibilitas tinggi. Selain itu juga sosialisasi ke beberapa organisasi chamber of commerce di Amerika Serikat, Tiongkok, Korea Selatan, hingga Jepang.

“Yang penting sosialisasi dulu sebanyak-banyaknya. Juga lewat Kadin maupun HIPMI yang mungkin mitranya membutuhkan golden visa,” terang Silmy dikutip pada Jumat, 26 Juli 2024.

Golden visa juga berlaku bagi WNA yang ingin menetap selama lima tahun di Indonesia, tapi tak punya tujuan mendirikan perusahaan. Mereka harus menabung sebesar Rp 5,7 miliar.

BACA JUGA:Golden Visa Untungkan Investasi di Jatim

BACA JUGA:Luhut Bakal Ketemu Elon Musk Lagi, Bahas Banyak Penawaran

Berlaku juga kelipatannya apabila ingin izin tinggal selama 10 tahun. Maka harus menabung sebesar Rp 11,4 miliar.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi meluncurkan program golden visa di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, Kamis, 25 Juli 2024. Jokowi menyerahkan golden visa perdana kepada pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Shin Tae-Yong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: