Hari Asi Sedunia 1 Agustus, Begini Sejarah, Tema dan Tujuan Peringatannya

Hari Asi Sedunia 1 Agustus, Begini Sejarah, Tema dan Tujuan Peringatannya

Hari Asi Sedunia 1 Agustus: sejarah, tema dan tujuan peringatannya. --Freepik

HARIAN DISWAY - Setiap tanggal 1 Agustus, dunia memperingati Hari ASI Sedunia. Air Susu Ibu (ASI) sangat penting bagi perkembangan bayi. Terutama selama enam bulan pertama pasca kelahiran. Oleh karena itu, peringatan Hari ASI Sedunia menekankan pada masyarakat tentang pentingnya ASI.

Seperti yang kita tahu, ASI memiliki semua nutrisi dan komposisi yang diperlukan untuk membangun sistem kekebalan tubuh bayi. Peringatan itu bisa menjadi wadah bagi dukungan dari berbagai pihak guna memastikan keberhasilan dalam proses menyusui. Berikut adalah sejarah, tema, dan tujuan dari Hari ASI Sedunia.

BACA JUGA:Waspada! Inilah Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Sejarah Hari Asi Sedunia

Hari Asi Sedunia atau yang lebih dikenal dengan perayaan Pekan Menyusui Sedunia (World Breastfeeding Week/WBW) diperingati setiap tahun pada tanggal 1-7 Agustus. Kampanye global itu bertujuan meningkatkan kesadaran dan menggalang aksi terkait tema-tema penting dalam menyusui.

Peringatan Pekan ASI Sedunia juga merayakan Deklarasi Innocenti, yang dibuat dan diadopsi oleh peserta pertemuan kebijakan WHO/UNICEF tentang "Menyusui pada 1990-an: Inisiatif Global". Pertemuan bersejarah itu berlangsung dari 30 Juli hingga 1 Agustus 1990 di Spedale degli Innocenti, Italia.

BACA JUGA:Jangan Sembarang Pilih Sufor! Kenali Tipe-tipe Susu Formula yang Cocok untuk Bayi

Pekan Menyusui Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1992 dengan tema tahunan yang berbeda-beda, mencakup topik-topik seperti sistem perawatan kesehatan, perempuan dan pekerjaan, Kode Internasional Pemasaran Pengganti ASI, dukungan komunitas, dan lain-lain.

Sejak 2016, WBW diselaraskan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Selain itu, Resolusi Majelis Kesehatan Dunia pada tahun 2018 mendukung WBW sebagai strategi penting untuk promosi menyusui.

BACA JUGA:Kombinasi Tiga Hal Minimalkan Risiko Kanker Payudara

Tema Hari Asi Sedunia 2024

Hari Asi Sedunia atau Pekan ASI Sedunia 2024 mengangkat tema Closing the Gap: Breastfeeding Support for All, yang berarti 'Menutup Kesenjangan: Dukungan Menyusui untuk Semua'. Tema itu menyoroti pentingnya memberikan dukungan tentang menyusui yang merata bagi semua ibu di seluruh dunia. Tagar yang digunakan untuk kampanye itu adalah #WorldBreastfeedingWeek dan #TogetherForMoms.

BACA JUGA:Viral Menyimpan ASI Dengan Metode Freeze-Dried, Bagaimana Dampaknya Pada Kualitas ASI?

Tujuan Peringatan Hari Asi Sedunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: