Tak Selalu Mahal, Ini 7 Tips Penerapan Metode Parenting Montessori Hemat Biaya

Tak Selalu Mahal, Ini 7 Tips Penerapan Metode Parenting Montessori Hemat Biaya

Anti ribet! 7 tips menerapkan metode montessori di rumah dengan biaya terjangkau. (Ilustrasi: Berbagai pilihan permainan menggunakan barang-barang sederhana yang dapat digunakan dalam metode pembelajaran montessori)--Pinterest

Menggunakan aktivitas fisik adalah cara yang efektif untuk menerapkan metode Montessori tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Berikut beberapa contoh aktivitas fisik yang dapat digunakan:


Tak Selalu Mahal, Ini 7 Tips Penerapan Metode Parenting Montessori Hemat Biayau. Menggambar atau melukis merupakan salah satu cara meningkatkan keterampilan dan kreatifitas si kecil.--Pinterest

- Melukis: Melukis melibatkan gerakan tangan dan jari yang kompleks, sehingga membantu meningkatkan koordinasi motorik dan keterampilan motorik halus. Itu sangat penting untuk perkembangan fisik anak. 

Dengan menggunakan berbagai warna, teknik, dan gaya, anak dapat mengekspresikan diri secara lebih bebas dan kreatif.

- Mengukir: Mengukir dapat digunakan untuk melatih keterampilan motorik si kecil. Ajak mereka mengukir kayu atau mengukir tanah liat. Mengukir memerlukan koordinasi antara tangan dan mata, serta kontrol yang tepat. Sehingga membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar.

- Menghitung: Menghitung dapat digunakan untuk melatih keterampilan kognitif si kecil. Anak-anak akan senang menghitung kubus dan menghitung balok. Dari situ, mereka belajar mengenali dan menghitung jumlah kubus atau balok, yang memperkuat kemampuan matematika.

BACA JUGA:Gentle Parenting, Pola Asuh yang Melibatkan Perasaan Anak, Apa Manfaatnya Ya?

Itulah beberapa tips metode Montessori yang bisa Anda coba. Biaya terjangkau, anak-anak pun jadi lebih cerdas dan mandiri. Mudah, bukan? (*)

 

*) Peserta magang reguler Harian Disway, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: